Menu

Gambar Lebih Detil dengan Fuji FinePix X10

Gambar Lebih Detil dengan Fuji FinePix X10

Fuji's FinePix X10 sangatlah mengesankan ketika pertama datang untuk diuji coba, dan kemudian didapati bahwa Fuji FinePix X20 yang menggatikannya secara fundamental sama saja, hanya bedanya adalah dengan adanya sensor dalam Fuji X-Pro1.

Bagaimanapun, ketika Fuji X100S dan Fuji X-Pro1 memilki sensor format APS-C , Fuji X20 menggunakan sebuah alat berukuran 2/3-inchi X-Trans CMOS II dengan 12 million effective pixels.

Kunci utama dari fitur yang ada pada sensor X-Trans CMOS II tidak menggunakannya sebuah filter Bayer RGGB seperti yang bisa didapati pada kamera lain pada umumnya. Melainkan, memiliki sebuah filter 6 x 6 RGGB berpola, dengan pengaturan filter-filter warna  yang random pada setiap blok dari 36 photo receptors. Inilah yang membuat sensor dari Fuji X20 kurang rentan terhadap pola moiré daripada Fuji X10, dan hasilnya Fuji telah mampu menghilangkan low-pass filter. Low pass filter atau anti-aliasing biasanya digunakan untuk mengurangi moiré pola, tetapi mereka juga memperhalus gambarnya sedikit.

Hasil dari desain filter jenis ini, Fuji X20 kini diklaim mampu menghasilkan gambar yang lebih detail daripada Fuji X10. Dan berkat Lens nya Modulasi Optimizer, Fuji mengatakan ini maintain lebih baik pada sudut-sudut frame. Bahkan, perusahaan juga berpendapat bahwa, berkat sensor dan kombinasi EXR Processor II, kamera baru ini menghasilkan gambar dengan tingkat kebisingan 30% lebih rendah dari Fuji X10. Manfaat lain dari prosesor baru adalah bahwa hal itu memungkinkan waktu yang lebih cepat untuk camera start-up, yaitu sekitar 0,5 detik, 0,01 detik untuk shutter lag dan shooting interval selama  0,5 detik. Fuji mengumumkan bahwa mereka telah membuat 50 perbaikan dari Fuji X10 yang di jadikan fitur untuk X20 Fuji, dan salah satu yang paling berguna (setelah upgrade sensor) adalah penambahan Digital Trans Panel pada viewfinder nya.

Hal ini membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk landscape dan street photography.Dengan banderol £499.99/US$599.95/AU$652 pada Fuji X20, membuatnya sejajar dengan Canon G15 dan Olympus XZ-2.•••

back to top