Menu

Menyorot Spek Audio Baru USB-C: Bebas dari Colokan Headphone

Menyorot Spek Audio Baru USB-C: Bebas dari Colokan Headphone

Suka atau tidak, upaya untuk membebaskan diri dari colokan headphone terus berjalan. USB Implementers Forum sudah menerbitkan spesifikasi Audio Device Class 3.0-nya, member para pembuat piranti standar-standar yang mereka perlukan untuk mengalirkan suara melalui port-port USB-C pada segala hal, mulai dari ponsel hingga PC.

Dan tujuan organisasi ini tidak tanggug-tanggung—memungkinkan  semua perusahaan menggusur port 3,5mm yang sudah kuno itu. Secara teori, artinya aka nada piranti-piranti yang lebih tipis dan ramping, dengan fitur kedap airyg lebih baik, dan terbukanya pintu inovasi bagi fitur-fitur lainnya.  

Percaya atau tidak pada argumen itu, yang jelas ada sejumlah keunggulan pada spek yang tetap berharga bahkan sekalipun colokan headphone tetap dipertahankan. Selain menawarkan dukungan audio digital yang lebih baik (seperti headphone dengan custom audio processing), spek suara USB-C juga memperbaiki pendekatan-pendekatan USB sebelumnya dengan langkah-langkah penghemat-energi dan deteksi kata-kunci. Dengan kata lain,  sebuah perusahaan dapat mengambil keuntungan dari audio USB tanpa membahayakan daya tahan baterei seperti sebelumnya, dan akan lebih mudah untuk mengimplementasikan pengenal suara.  

Tak berarti semua perusahaan akan menganut hardware bebas-3.5mm dengan antusiasime yang sama dengan Apple atau Motorola. Toh, Samsung menggunakan Galaxy Note 7 untuk melakukan sedikit ‘perlawanan’ terhadap keputusan Apple untuk  meninggalkan colokan headphone di iPhone 7. Tetapi, spek USB-C ini mungkin bisa mendorong kalangan vendor yang masih berpikir ulang untuk membuang soket audio konvensional itu  dan sedang menunggu dukungan resminya untuk bisa menentukan langkah mereka selanjutnya.•••

back to top