Menu

Bergantian; Samsung Galaxy S8 Bakal Jiplak iPhone 7?

Bergantian; Samsung Galaxy S8 Bakal Jiplak iPhone 7?

Ada satu fitur iPhone 7 yang mungkin akan Samsung jiplak tak lama lagi dan kini ada cara yang sangat mudah untuk melakukannya, tanpa Samsung harus melakukan lifting berat apapun. Rumor yang beredar sebelumnya mengatakan bahwa Samsung sedang menjajagi kemungkinan untuk mengembangkan sebuah port mirip-Lightning-nya sendiri yang akan mendukung audio.

Dengan itu raksasa ponsel itu juga bisa menggusur colokan headphone 3,5mm dari piranti-pirantinya ke depan. Tetapi USB Implementers Forum mempublikasikan spesifikasi Audio Device Class 3.0 yang akan membantu Samsung, dan perusahaan manapun, melompat dari 3,5mm ke USB-C untuk audio.

Spek USB Audio Device Class 3.0 menghadirkan USB Audio melalui USB Type-C, yang berarti bahwa piranti-piranti mobile termasuk smartphone, tablet dan laptop ultraportable bisa membuang colokan headphone tak lama lagi tanpa harus repot-repot memikirkan dukungan ke USB-C atau port khusus yang baru.  

Audio melalui USB-C juga berarti bahwa konsumen akan harus mengupgrade headphone mereka ke headphone USB-C, tetapi kualitas audio yang dicapai sebanding dengan usaha yang dilakukan itu.  Dan kualitas suara bukan satu-satunya hal yang jadi lebih baik. Menggusur colokan headphone 3.5 mm yang sudah sangat kuno akan memungkinkan perusahaan memangkas ketebalan produknya hingga satu millimeter—artinya, ke depannya akan ada ponsel-ponsel yang lebih tipis dan lebih ramping lagi. Menggusur port audio 3,5mm dari sebuah handset juga membantu membangun fitur kedap air.  

Sedangkan untuk fitur-fitur suara baru yang akan digunakan oleh USB-C, tampaknya adanya dukungan audio digital yang lebih baik, fitur-fitur penghemat-daya dan pendeteksi katakunci. Artinya, headphone USB-C akan menawarkan pengalaman suara yang lebih baik yang hanya memakan sedikit tenaga baterei Anda, dan fitur-fitur pendeteksi suara.  

Intel sudah menjelaskan beberapa bulan lalu bahwa suara melalui USB-C adalah masa depan, dan sangat mungkin banyak pabrikan piranti akan mengadopsinya.  

Selain Apple, Motorola dan LeEco sudah meluncurkan smartphone-smartphone yang tidak memiliki colokan-colokan headphone. Samsung mungkin akan mengikutinya tak lama lagi, mengingat spek audio USB-C kini akhirnya resmi sudah. Toh ini masih menjadi spekulasi berdasarkan apa yang belakangan ini sedang berlangsung di dunia mobile, dan Samsung masih belum mengatakan apapun tentang piranti-piranti mobilnya untuk generasi yang akan datang. •••

back to top