Menu

Ada Sedikit Manipulasi Coba Dilakukan Microsoft pada Tes Edge?

Ada Sedikit Manipulasi Coba Dilakukan Microsoft pada Tes Edge?

Browser bawaan Windows, entah itu Internet Explorer atau Edge, bisa dikatakan hanya jadi bahan tertawaan. Tetapi Microsoft memiliki harapan yang besar dengan Edge, dan perusahaan itu bekerja keras untuk menjadikannya sebuah browser sejati, dengan membuat segala yang berkaitan dengan sebuah browser besar seperti berbagai ekstensi dan sebuah mesin yang tak mungkin lelet.

Tapi nyatanya mesin itu tak secepat yang diharapkan, Maka, Microsoft pun ‘dengan cerdik’ mengakali hasil-hasil pengujian yang akan membuat Edge tampil seperti layaknya browser y kompetitif. Sesuatu yang sangat memalukan.  

As spotted by The Inquirer, Seperti ditengrai oleh The Inquirer Microsoft mengulng beberapa pengujian Google untuk mencoba dan membuktikan bahwa Edge adalah browser yang lebih baik untuk menghemat daya baterei, dengan menggunakan software dan hardware terbaru dari Microsoft.

Seperti ditengarai The Inquirer, “Team Microsoft Windows mengukur rerata konsumsi energi CPU, GPU, dan antenna Wifi selagi Microsoft Edge, Chrome, Firefox, dan Opera melakukan sejumlah aktifitas pengguna yang kompleks tetapi representative.  Tes ini dilakukan pada tiga Surface Books yang menggunakan Windows 10 Anniversary Update (build 14393.105) dan terhubung dengan internet melalui Wifi. Konsumsi energi yang sesungguhnya pada CPU, GPU, dan antenna Wifi itu diukur dengan menggunakan chip-chip Maxim terpasang, dan dibaca melalui Performance Monitor (Perfmon).”

Masalahnya terletak pada versi Chrome yang digunakan dalam pengujian. Tampak bahwa Google melakukan banyak perbaikan besar pada rilis Chrome 53, yang mampu meningkatkan daya tahan baterei hingga dua jam dibandingkan dengan versi sebelumnya. Versi mana yang digunakan Microsoft dalam pengujian itu? Tentu saja versi lama! 

The Inquirer juga menunjukkan bahwa Microsoft juga melakukan tes-tes itu dengan versi-versi baru browser-browser lainnya, selain Firefox, tetapi  hasil-hasil tes dengan versi-versi lamalah yang digunakan sebagai figure-figur dalam headline.

Sungguh memalukan, karena pengujian yang sesungguhnya antara versi terbaru Edge dan Chrome menunjukkan sebaliknya. Meski sebenarnya browser Microsoft ini tak seburuk pendahulunya, tetapi tipuan-tipuan seperti ini membuat orang justru malas mencobanya.•••

back to top