Menu

iPhone 7 Pemegang Rekor Smartphone Tercepat di Dunia?

iPhone 7 Pemegang Rekor Smartphone Tercepat di Dunia?

Bahkan sebelum Apple mengumumkan iPhone 7, sudah jelas bahwa iPhone terbaru ini akan menjadi yang tercepat di dunia dalam hal performanya. Ponsel ini hadir untuk mengalahkan iPhone 6s, piranti yang setahun lebih tua darinya yang masih lebih cepat dibandingkan semua handset Android flagship 2016 sekalipun, termasuk Galaxy Note 7 yang meledak itu.

Dan karena Apple selalu mengupgrade prosesor-prosesor mobile-nya setiap tahun, menghadirkan kinerja CPU dan GPU yang lebih baik, tampaknya jelas bahwa iPhone 7 akan mengungguli semua pendahulunya.  

Tetapi seberapa cepatkah iPhone-iPhone Apple terbaru ini?  Benchmark tak resmi dari Geekbench yang muncul online menunjukkan skor-skor yang menempatkan iPhone 7 di atas iPad Pro dan piranti iOS lainnya. iPhone 7 meraih skor lebih tinggi dari smartphone apapun dalam kompetisi itu.  

Kini, sebuah benchmark baru yang juga muncul online mengindikasikan bahwa iPhone 7 unggul tahun ini dalam hal kecepatan. Benchmark yang sama juga memperlihatkan bahwa ponsel-ponsel lainnya jauh tertinggal di belakang. Dikembangkan oleh Phone Arena, benchmar AnTuTu mengklaim bahwa iPhone 7 meraih skor 178.397, 33% lebih tinggi dari skor 133.781 yang diraih iPhone 6s.

Lalu bagaimana dengan yang lain? Performa terbaik dicapai OnePlus 3, yang meraih skor 140.388 dalam AnTuTu tes. Itu jauh di bawah skor iPhone 7, dan hanya sedikit lebih baik dari iPhone 6s. Galaxy S7 edge hanya berada di posisi skor 134.599 dalam tes yang sama.

Tidak termasuk iPhone 7, ada 10 ponsel yang meraih skor antara 133.000 dan 141.000 pada bulan Agustus lalu, termasuk iPhone 6s. Tak termasuk dalam daftar di bawah ini adalah Moto Z Droid dan Galaxy Note 7 yang baru diluncurkan, yang masing-masing meraih 151.000 dan 145.000 nilai dalam tes-test AnTuTu.  

Ini adalah benchmark-benchmark yang dirilis sebelum iPhone 7 diluncurkan, dan perlu diingat bahwa tes-tes benchmark semacam itu tidak serta merta menggambarkan performa ponsel dalam penggunaan yang sesungguhnya. Tentu akan tetap menarik untuk menyimak bagaimana sesungguhnya persaingan di dunia nyata antara iPhone 7, iPhone 6s dn rival-rival Androidnya yang paling terkemuka dalam tes-tes performa. Tetapi, seandainya bocoran iPhone 7 di atas memang benar dan akurat, tidak ada smartphone lain di dunia yang bisa menyamai iPhone 7. Dan tampaknya iPhone terbaru ini akan tetap berada di puncak tes-tes benchmark ini untuk beberapa waktu ke depan.

back to top