Menu

Microsoft Dukung Windows 7 dan 8.1 di Piranti ber-CPU Intel Skylake Sampai Juli 2017

Microsoft Dukung Windows 7 dan 8.1 di Piranti ber-CPU Intel Skylake Sampai Juli 2017

Akhir pekan lalu Microsoft mengumumkan kebijakan dukungan terbarunya untuk Windows pada tipe-tipe prosesor komputer tertentu.

Perubahan-perubahan itu menunjukkan bahwa Microsoft ingin agar Windows 10 digunakan pada silicon terbaru. Berita ini sangat penting bagi Intel, partner lawas Microsoft. Chip-chip generasi keenam Intel Core yang bersandi Skylake pertama kali diluncurkan di pasaran tahun lalu, dan itu berhasil menggejot keuangan Intel.  

Tetapi banyak perusahaan besar ingin terus menggunakan Windows 7 atau Windows 8.1, dan Microsoft ingin mendukung sistem-sistem operasi tersebut untuk beberapa piranti yang menggunakan Skylake. Saat ini Microsoft  sedang menyiapkan sebuah daftar berisi piranti-piranti baru tertentu yang menggunakan chip-chip Intel Skylake yang akan didukungnya selama chip-chip itu masih menggunakan Windows 7 atau Windows 8.1 — tetapi tidak untuk selamanya. Alasannya adalah bahwa perusahaan-perusahaan itu pada akhirnya toh harus mengupgrade piranti-piranti Skylake mereka ke Windows 10.

Menurut pihak Microsoft, hingga 17 Juli 2017, piranti-piranti Skylake yang ada di daftar yang didukung juga akan didukung dengan Windows 7 dan 8.1.  Selama 18 bulan periode dukungan itu, sistem-sistem ini harus diupgrade ke Windows 10 agar bisa terus menerima dukungan setelah 18 bulan itu berakhir. Setelah Juli 2017, update-update keamanan Windows 7 dan Windows 8.1 yang paling penting akan diarahkan untuk konfigurasi-konfigurasi ini, dan akan dirilis jika update itu tidak mengancam kehandalan atau kompatibilitas platform Windows 7/8.1 ini pada piranti-piranti lainnya.  

Hal ini dilakukan karena Microsoft percaya Skylake dan Windows 10 adalah pasangan yang kompak. Dibandingkan dengan komputer-komputer personal berbasis Windows 7, Skylake, saat dipasangkan dengan Windows 10, memungkinkan grafik yang lebih baik hingga 30x lipat dan 3x lebih hemat baterei—dengan keamanan yang taka da tandingannya yang dihasilkan oleh Credential Guard yang menggunakan virtualisasi yang didukung silicon. Menurut Microsoft, Windows 10 akan menjadi satu-satunya platform Windows yang didukung pada silicon ‘Kaby Lake’ yang akan segera muncul di pasaran. Hal sama berlaku untuk Qualcomm 8996 dan AMD Bristol Ridge.•••

back to top