Menu

Bocoran Terbaru HTC One X9: Pindahkan Posisi Branding

Bocoran Terbaru HTC One X9: Pindahkan Posisi Branding

Branding pada smartphone adalah satu fakta yang tak terhindarkan.

Kalangan pabrikan asli tentu saja berusaha melekatkan cap-cap khas pada produk-produk dan carrier-carrier mereka. Terkadang cap-cap atau tanda-tanda semacam itu lebih baik jika ditempelkan di tempat lain agar lebih mudah terlihat  tanpa menjadi kelewat mencolok. Seperti yang dilakukan HTC dengan memindahkan namanya dari posisi dagu ke bagian atas smartphone-smartphone mereka. Setidaknya menurut sebuah bocoran terbaru tentang One X9.

Perubahan ini barangkali kecil tetapi substansial. Branding, khususnya di bagian depan, akan selalu makan tempat, yang sebenarnya bisa digunakan untuk hal lain. Pada smartphone-smartphone HTC yang ada sekarang, nama perusahaan terletak satu strip di atas speaker depan bagian bawah, dan di atasnya terletak tombol-tombol navigasi.   

Dengan memindahkan brand ke bagian atas, yang kebanyakan merupakan tempat yang tak terpakai, terdapat lebih banyak ruang untuk bergerak, khususnya untuk sederetan tombol-tombol navigasi. Soal baik atau tidaknya perubahan itu, bisa diperdebatkan belakangan.   

Selain itu, speaker depan tampaknya juga sudah digeser jauh ke ujung. Teorinya, ini juga memberi tambahan ruang untuk branding, yang pada gilirannya juga berarti tambahan ruang untuk display, meski hal itu tetap bergantung pada ukuran dan tingkat kepadatan piksel dari layar yang bersangkutan. 

Semua masih harus dibuktikan nanti. Jadi, kita tunggu saja CES dan MWC yang akan digelar tak lama lagi.•••

back to top