Menu

Menelisik Samsung “Turtle Glass” Pengganti Gorilla Glass?

Menelisik Samsung “Turtle Glass” Pengganti Gorilla Glass?

Samsung sudah mulai menunjukkan betapa ia suka melakukan berbagai hal sendiri, mulai dari menciptakan platformnya sendiri seperti Tizen OS, hingga membuat semikonduktor seperti Exynos.

Selama ini ia juga sudah memproduksi layar-layar displaynya sendiri yang sudah menjadi sangat terkenal di kelasnya. Tetapi ada satu hal kecil yang belum digarapnya sendiri yaitu kaca pelindung yang melindungi layar-layar display Derrida bahaya yang mungkin tiba-tiba muncul dalam aktifitas sehari-hari. Tetapi mungkin itu tidak akan lama lagi jika rumor tentang adanya "Turtle Glass" dari Samsung itu terbukti benar.  

Selama ini Gorilla Glass merajai industry kaca pelindung dengan kekuatan kaca yang dihasilkannya, yang kebanyakan digunakan pada tablet dan smartphone. Tapi tak lama lagi raja ini akan segera mendapat rival yang sebanding.  

Adanya Turtle Glass belum bisa dipastikan, tetapi setidaknya Samsung sudah mendaftarkan nama itu ke Kantor Paten Intelektual Korea, yang juga memberi isyarat bahwa nama itu memang digunakan untuk menyebut teknologi kaca pelindung tertentu. Memang, ia baru berbentuk proposal paten, belum produk jadi, dan layak ditunggu bagaimana kebenaran sesungguhnya.  

Samsung diyakini sedang mengerjalan piranti yang bisa dilipat, yang mungkin sudah bisa dilihat hasilnya tahun depan. Bersandi "Project Valley", smartphone/tablet yang bisa dilipat ini sangat bisa jadi membutuhkan kaca pelindung khusus yang tak hanya tahan banting tapi juga lentur.•••  

back to top