Menu

Bengkokkan Ponsel Fleksibel AUO!

Bengkokkan Ponsel Fleksibel AUO!

Meski kini kita sudah berada di era smartphone layar lengkung berkat hit-hit seperti piranti-piranti dari Samsung Galaxy Edge devices. Pabrikan Taiwan AUO sudah berhasil menaikkan level tantangannya ke konsep ponsel fleksibel barunya.

Diumumkan di Touch Taiwan 2015 pekan lalu, layar pada ponsel ini tidak hanya bisa dilengkungkan demi untuk memamerkan betapa kuatnya ponsel ini, tetapi juga digunakan sebagai satu bentuk input. Sudut-sudut atau sis-sisi ponsel yang satu ini bisa dibengkokkan hingga enam derajat dan langkah ini dikenali sebagai input-input yang mirip dengan sebuah stylus atau gerakan sentuh-untuk-membesarkan.  

Dipamerkan sebagai sebuah prototipe, ponsel ini menggunakan aplikasi Google Earth untuk memperlihatkan bahwa membengkokkan ponsel itu bisa digunakan sebagai input yang logis. Membengkokkan sudut-sudut piranti itu membuat Earth berotasi, sedangkan membengkokkan sisi teratasnya ke depan atau ke belakang mengontrol fungsi perbesaran atau pengecilan tampilan pada layar. 

Bicara kepada Engadget China, AUO mengatakan bahwa layar display AMOLED 5 inchi berdimensi 1,280 x 720 ini tahan banting dan tak bisa pecah. Meski hal itu masih diragukan kebenarannya,  yang jelas itu menunjukkan sebagian dari level-level fleksibilitas tertinggi yang pernah kita saksikan sejak layar display menjadi sesuatu yang bisa dibengkokkan.  

Perusahaan itu mengatakan bahwa pihaknya mampu mengadaptasi teknologi itu bekerja pada ponsel-ponsel dengan resolusi yang lebih tinggi, atau bahkan pada piranti-piranti yang lebih besar seperti tablet. Salah satu kegunaan lain dari pembengkokan sebagai input (bending input) pada sebuah tablet adalah ketika pengguna ingin membuka halaman(-halaman) sebuah e-book; mereka hanya tinggal membengkokkan salah satu sisi piranti itu.••• 

back to top