Menu

Samsung Pamerkan Layar OLED Terbaru: Cermin Bisa, Transparan Bisa

Samsung Pamerkan Layar OLED Terbaru: Cermin Bisa, Transparan Bisa

Samsung baru-baru saja mengumumkan pasangan layar OLED baru dengan fitur unik: pertama transparan dan yang kedua adalah dapat menjadi cermin.

Layar cermin menawarkan suatu bayangan pantulan dari seseorang yang berdiri di depannya, tetapi juga dapat menambahkan gambaran tambahan di bagian atas, seperti kalung di sekeliling leher pemakainya. Layar transparan didemonstrasikan sebagai iklan billboard dengan mengiklankan informasi yang tampak pada panel jernih, dan pemandangan latar belakang masih dapat dilihat.

Kedua layar tersebut menggunakan fitur teknologi kamera 3D RealSense dari Intel. Hal ini dapat terlihat jelas pada layar cermin yang telah direncanakan oleh Samsung untuk dipakai sebagai ruang ganti yang diperluas secara virtual. Konsumen cukup berdiri saja di depan layar untuk melihat bagaimana penampilan jika pakaian atau perhiasan dipakai oleh mereka, lalu mereka dapat memutuskan mana yang ingin mereka coba.

Samsung tak menyajikan konsep apapun untuk layar jernihnya selain untuk maksud periklanan. Perusahaan tersebut bukanlah satu-satunya perusahaan yang sedang mengerjakan layar transparan, tetapi samsung menyebutkan sejumlah pengembangan atas rival-rivalnya, seperti gambar yang lebih berwarna dan tajam, sudut pandang yang lebih lebar dan tingkat transparansi sampai 40%, jauh lebih besar daripada 10% yang mungkin dengan layar LCD.

Layar cermin tentunya belum akan masuk ke produk konsumsi, tetapi Samsung berharap ia dapat digunakan untuk memperkenalkan realitas tambahan pada tempat-tempat seperti pasaran ritel, rumah cerdas, otomotif dan medis. OLED cermin memiliki keunggulan seperti gambar kontras yang lebih tinggi dan lebih tajam dan wakturespon yang lebih cepat daripada LCD.•••

back to top