Menu

CHIP: Komputer Seharga Hanya 9 Dolar AS Pertama di Dunia!

CHIP: Komputer Seharga Hanya 9 Dolar AS Pertama di Dunia!

Jika Raspberry Pi masih terlalu mahal untuk mengisi dalaman cheapskate Anda, masih ada pesaing baru di kelasnya, dan pembuatnya kini tengah menjajakannya sebagai komputer USD 9 pertama di dunia.

Namanya CHIP, dan ia adalah sebuah komputer lengkap yang cukup kecil untuk masuk ke dalam genggaman tangan Anda, dan dapat digunakan seperti kita menggunakan komputer biasa: penggunanya bisa menghubungkannya sebagai sebuah papan ketik, tetikus, layar display, dan pemasok daya. Ada juga ruang penyimpanan file on-board, dan pembuatnya memperlihatkannya untuk membuat dan menyimpan dokumen, memainkan game, dan masih banyak lagi. Ada juga sebuah asesori keren yang menyertainya, memungkinkan komputer ini digunakan secara portabel.  

CHIP berisi sebuah prosesor 1GHz, 512MB RAM, dan 4GB ruang penyimpanan file. Konektivitasnya kebanyakan nirkabel, termasuk Bluetooth 4.0 dan WiFi 802.11 b/g/n, meski bisa juga digunakan dengan kabel, seperti kabel composite-out. Komputer mungil ini hadir dengan segepok aplikasi, seperti VLC, GIMP, Libre Office, Audacity, dan sejumlah software lainnya yang akan cepat diakrabi banyak orang.  

Next Thing Co., perusahaan pembuat CHIP, menyertakan juga sebuah asesori yang disebut “Pocket CHIP” dan sebuah kotak retro sebagai wadah yang menyimpan kelengkapannya berupa sebuah layar display 4,3 inchi, sebuah keyboard QWERTY mungil, dan sebuah baterei yang tahan bekerja selama 5 jam. Komputer ini dapat digunakan sebagai bagian dari proyek-proyek besar, atau sebagai piranti ultra-murah untuk bermain game, ataupun melakukan aktifitas-aktifitas komputasi dasar.  

Produk ini diperkirakan akan diluncurkan pada bulan Desember mendatang.•••

back to top