Menu

Norwegia Tanggalkan Radio FM di 2017, Beralih Ke Radio Digital

Norwegia Tanggalkan Radio FM di 2017, Beralih Ke Radio Digital

FM sudah kita nikmati selama puluhan tahun dan selama ini sudah menjadi jenis siaran yang kita inginkan untuk mendengarkan musik berkualitas tertinggi.

Banyak negara saat ini tengah bekerja untuk mulai beralih ke radio digital. Dan yang pertama akan meninggalkannya sepenuhnya adalah Norwegia.

Menteri Kebudayaan Norwegia sudah mengumumkan pekan ini bahwa FM di negara itu akan sepenuhnya dihapuskan pada tahun 2017. Begitu siaran FM sepenuhnya dihapuskan, negara itu akan beralih penuh ke radio digital. Digital Audio Broadcasts atau DAB yang menggantikannya akan memberi pendengarnya akses penuh ke konten kanal yang jauh lebih beragam.

Saat ini, DAB sudah digunakan pada 22 siaran yang didengar di seluruh Norwegia, dibandingkan dengan lima radio FM saja yang tersisa. Di dalam negeri, sejumlah polling menunjukkan bahwa 56% dari total seluruh pendengar saat ini sudah menggunakan DAB.

Meski Norwegia akan menjadi negara pertama yang menghapuskan siaran radio FM, negara-negara lain di Eropa saat ini juga sedang dalam masa transisi ke DAB, begitu juga sejumlah negara di Asia Tenggara. Radio FM dipatenkan pada tahun 1933 dan hingga kini lebih dari 90% penduduk di AS masih mendengarkan radio AM/FM.•••

back to top