Menu

HP Akui Kalah Saing 'head-to-head' dengan Amazon di Cloud Publik

HP Akui Kalah Saing 'head-to-head' dengan Amazon di Cloud Publik

Raksasa teknologi HP resmi berkesimpulan bahwa pihaknya tidak akan mampu bersaing dengan raksasa-raksasa pasar infrastruktur cloud.  

Perusahaan itu “tidak akan lagi menangani cloud publik” tulis deputi editor teknologi New York Times Quentin Hardy dalam sebuah artikel Selasa, 7 April lalu, mengutip Bill Hilf, wakil presiden senior manajemen produk Helion di HP. Hilf juga mengatakan “Kami kira orang akan menyewa atau membeli komputer dan komputasi dari kami, tapi ternyata kami tak mampu berhadap-hadapan langsung [dengan Amazon].”

Tetapi ini tidak berarti bahwa HP akan meninggalkan cloud publik sama sekali. Seorang juru bicara HP dalam emailnya menyatakan kepada VentureBeat bahwa perusahaan itu tidak akan meninggalkan pasar cloud publik, tetapi hanya tidak mau berhadap-hadapan langsung dengan persaingan dengan pemain-pemain besar cloud publik. HP sendiri mengelola cloud publik berbasis-teknologi terbesar, OpenStack.

HP mengakui bahwa pihaknya tidak bisa dan tidak akan mengambil posisi leading di pasar infrastruktur cloud. Ini memang bukan langkah yang berat, karena cloud milik HP belum terlalu populer di kalangan pengembang, khususnya perusahaan-perusahaan debutan. Amazon, Google, dan Microsoft-lah yang saat ini memimpin pasar, dengan bersaing dalam hal harga dan keragaman fitur.  

Selain itu, banyak yang berubah pada bisnis cloud HP tahun lalu. HP membuka Helion OpenStack tahun lalu, dan sejak itu OpenStack menjadi sebuah area yang lebih aktif untuk kondolidasi. Perusahaan itu juga masih bisa menjual berbagai tipe software dan perangkat keras untuk pusat data.

Di sisi lain, HP juga melakukan reorganisasi, dan kabarnya sedang bersiap untuk membagi perusahaan menjadi dua perusahaan terpisah. Kita tunggu saja.•••

back to top