Menu

10 Hal yang Galaxy S6 Bisa Lakukan, iPhone 6 Tidak

10 Hal yang Galaxy S6 Bisa Lakukan, iPhone 6 Tidak

Mulai 10 April, kita akan menyaksikan pertarungan antara produk-produk lini ‘6’ di pasaran. iPhone 6 dari Apple yang sudah lebih dulu memasuki panggung sejak September tahun lalu sudah mampu memompakan keuntungan kuartal liburan dalam jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan dengan penghasilan yang bisa diraih oleh perusahaan manapun dalam waktu tiga bulan.

Penjualan iPhone 6 masih terus menguat seperti yang diperkirakan sebelumnya, tetapi ponsel ini pada akhirnya toh akan menghadapi persaingan juga bulan depan ketika Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge membanjiri rak-rak pajang di toko-toko.

Ketiga ponsel ini adalah pilihan yang fantastik, tetapi ada 10 fitur kunci pada handset-handset baru Samsung yang tak ada pada iPhone 6:

1. Pengisian Cepat (Fast Charging)
iPhone 6 dari Apple memang benar-benar cepat dalam hal waktu yang dibutuhkan untuk mengisi tenaga baterei, tetapi kemampuannya itu masih kalah jauh dari yang dimiliki oleh Galaxy S6, yang menyertakan teknologi pengisian daya baterei cepat (fast-charging). Hanya butuh waktu 10 menit untuk menambah standby time baterei Galaxy S6 Anda selama berjam-jam.

2. Pengisian Nirkabel (Wireless charging)
Meski tak sehebat teknologi pengisian baterei secara nirkabel yang pernah dipamerkan di CES 2015 lalu, tetapi Samsung Galaxy S6 dan S6 edge menggunakan dukungan-terpasang (built-in support) untuk pengisian nirkabel. Anda juga bisa mendapatkan sebuah charger nirkabel langsung jika Anda membeli ponsel handal ini dari Best Buy.
Di sisi lain, jika Anda menginginkan wireless charging pada iPhone 6 Anda, Anda haru membeli casing pihak-ketiga yang tampilannya sungguh tidak menarik.  

3. Mampu Menjalankan Lebih dari Satu Aplikasi Sekaligus
Platform iOS Apple mendukung multitasking, tetapi hanya satu aplikasi saja yang dapat digunakan untuk satu kali waktu. Dengan S6 dan S6 edge, Anda bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan dan bahkan meng-copas suatu konten ke konten yang lain.  

4. Membangunkan Sebagian Kecil Layar untuk Melihat Notifikasi
Gesture rub-to-wake a la Samsung mungkin menggelikan tetapi sungguh cool jika Anda bisa membangunkan panel sisi pada Galaxy S6 edge untuk melihat notifikasi-notifikasi yang masuk tanpa harus membuka kunci atau bahkan mengangkat ponsel Anda.  

5. Melihat Siapa yang Menelpon tanpa Harus Mengangkat Ponsel Anda
Jika Galaxy S6 edge Anda telungkup di meja dan salahs atu kontak favorit Anda menelpon, sisi-sisi lengkung ponsel itu akan bersinar dalam satu warna spesifik yang sudah Anda kaitkan dengan kontak yang bersangkutan.  

6. Melakukan Pembayaran Mobile di Mana Saja
Catatannya adalah jika kelak Samsung Pay sudah diluncurkan.
Apple Pay adalah layanan yang fantastik yang sangat mudah digunakan, tetapi layanan ini tidak tersedia di sembarang toko. Di sisi lain, Samsung Pay menggunakan satu teknologi hybrid yang kompatibel dengan terminal-terminal pembayaran NFC yang lebih baru, juga dengan terminal-terminal kartu kredit standar lama.  Kedua ponsel Galaxy S mendukung Samsung Pay, yang akan diluncurkan sekitar akhir tahun ini.  

7. Mencari Auto-focus
Kamera baru Samsung pada Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge sungguh fenomenal, dan beberapa fitur di antaranya sungguh menarik. Salah satunya adalah pencarian auto-focus; ketuk saja citra suatu objek foto pada layar kamera, maka kamera Galaxy S6 akan secara konstan menyesuaikan fokusnya selagi objek itu bergerak atau ketika Anda bergerak.  Fitur ini bekerja pada foto statis maupun saat Anda sedang mengambil gambar video.  

8. Kamera yang Cepat Terbuka  
Jika Anda mengetuk tombol beranda Galaxy S6 dua kali selagi ponsel itu tertidur, kameranya Anda aktif seketika dan siap untuk mengambil foto dalam waktu 0,7 detik saja.  Kamera iPhone 6 sangat mudah dibuka, tetapi masih jauh dari kecepatan Galaxy S6.

9. Dapat Digunakan sebagai Remote TV
Para pengguna iPhone 6 bisa membeli aksesoris-aksesoris pihak-ketiga jika ingin menggunakan handset mereka sebagai remote TV, atau sejumlah aplikasi yang mencakup kompatibilitas dengan boks-boks set-top tertentu. Tetapi Galaxy S6 hadir lengkap dengan blaster inframerah yang dapat mengendalikan hampir semua piranti yang Anda inginkan.  

10. Memantau Detak Jantung Anda
Ada aplikasi-aplikasi yang akan menggunakan kamera belakang dan lampu blitz iPhone 6 untuk mengukur detak jantung Anda, tetapi selusin lebih aplikasi yang pernah kami jajal seringkali tak akurat dan juga lamban. Galaxy S6 dan S6 edge dilengkapi dengan pemantau detak jantung yang membaca detak jantung Anda secara langsung dan sangat akurat.•••

back to top