Menu

Ponsel Cerdas Berikutnya Miliki RAM Sekaliber RAM Laptop?

Ponsel Cerdas Berikutnya Miliki RAM Sekaliber RAM Laptop?

Bahkan jika Anda tidak menyukai ponsel-ponsel Samsung sekalipun, pasti Anda akan tetap mengapresiasi perusahaan itu secara keseluruhan. Mengapa?

Karena seperti yang bahkan Apple akui, Samsung adalah pemasok komponen yang hebat dan layar-layar display, prosesor, dan hardware-hardware lain buatannya jelas masuk jajaran produk-produk kelas satu. Kini Phone Arena mengabarkan bahwa Samsung baru saja mengumumkan bahwa pihaknya sudah mulai melakukan produksi masal atas modul-modul DRAM mobile LPDDR4 4G-nya, modul-modul ponsel cerdas pertama yang menawarkan RAM sebesar 4GB. 

Untuk mengetahui apa maksudnya, bayangkan bagaimana jika modul-modul ini akan memberi RAM pada ponsel cerdas sebesar da RAM yang selama ini biasa ada pada banyak laptop--Surface Pro 3, misalnya, juga menggunakan RAM berkapasitas 4GB.

“Dengan memulai produksi LPDDR4 20nm 8Gb, yang bahkan jauh lebih cepat dari DRAM untuk PC dan server dan memakan lebih sedikit energi, kami berkontribusi pada diluncurkannya piranti-piranti mobile flagship layar-lebar UHD,” jelas Joo Sun Choi, EVP Samsung untuk bidang penjualan memori dan marketing. “Seperti diperlihatkan oleh kemajuan besar dalam memori mobile ini, kami akan terus berkolaborasi erat dengan produsen-produsen piranti mobil global untuk mengoptimalkan solusi-solusi DRAM, membuatnya cocok dengan lingkungan-lingkungan OS mobile generasi yang akan datang.”

We still don’t know what the first devices will be that will feature these modules although it’s a very good bet that next year’s Galaxy Note 5 will have them. The Galaxy S6 is also a possibility, although we don’t know yet exactly where that device is in terms of its production cycle — it’s entirely possible that it’s already too far along to have the new RAM modules installed.

At any rate, this is definitely something to keep an eye out for and it will make our smartphones more powerful than ever before.•••

back to top