Menu

Dolby Segera Luncurkan Rival IMAX di Netherlands

Dolby Segera Luncurkan Rival IMAX di Netherlands

Dolby baru saja mengumumkan sebuah produk besar baru, tetapi ini bukan tentang audio seperti yang Anda duga—ini soal rencana peluncuran pesaing IMAX-nya, yang disebut Dolby Cinema.

Format layar raksasa ini akan mampu memproyeksikan film-film dengan menggunakan teknologi “Dolby Vision” (sesuatu yang sudah dikerjakannya selama bertahun-tahun), yang mengkombinasikan video-video dengan high dynamic range dengan sesuatu yang lain yang masih dirahasiakan oleh perusahaan itu.

Video-video high dynamic range atau HDR ini mampu menampilkan bayang-bayang dan cahaya seperti yang Anda lihat di dunia nyata. Dolby bahkan mengklaim bahwa ‘kontras rasio teknologinya ini jauh melebihi teknologi gambar apapun yang ada di pasaran saat ini”.  

Perusahaan itu berencana untuk membuka gerainya yang pertama pada bulan Desember ini di Belanda, tetapi untuk sementara akan menggunakan proyektor-proyektor laser 4K sampai proyektor-proyektor berbasis-Dolby Vision siap untuk dikapalkan pada musim semi yang akan datang. Tentu saja, sejumlah tempat juga akan segera dibuka di AS, tetapi mungkin tidak dalam waktu sangat dekat ini, karena Dolby masih sibuk bernegosiasi dengan para pemilik bioskop dan studio-studio Hollywood.

Agar format ini dapat menjangkau audiens, perusahaan itu tidak hanya akan perlu meyakinkan rumah-rumah bioskop setempat untuk ikut menyandang sebagian dari biaya pembangunan bioskop, tetapi juga merayu studio-studio untuk membuat film-film mereka agar compatible dengan Dolby Vision selama pasca-produksi. Bahkan, pihaknya perlu meyakinkan semua orang, agar teknologi itu layak secara finansial dan mampu bersaing dengan IMAX.

Hollywood Reporter  yakin Disney sangat mungkin akan menjadi salah satu pengguna pertama Dolby Vision, dan bahwa Star Wars VII adalah kandidat yang mungkin akan menggunakan format itu untuk pertama kalinya. Dolby tidak menyebutkan berapa Anda akan harus membayar untuk bisa masuk ke bioskop-bioskop ber-layar raksasa-nya, tetapi pemilik bioskop di Belanda mengatakan bahwa masing-masing konsumennya akan harus membayar 18 dolar AS, naik dari yang biasanya 12,50 dolar AS.

Kami kira dapat dikatakan bahwa persis seperti bioskop-bioskop IMAX, Anda tetap harus membayar satu harga yang cukup mahal di atas harga tiket biasa jika Anda ingin menikmati kecanggihan teknologi Dolby Cinema.•••

back to top