Menu

Kindle Unlimited: Bakal Mengguncang Dunia Penerbitan?

Kindle Unlimited: Bakal Mengguncang Dunia Penerbitan?

Amazon mengumumkan paket berlangganan untuk akses tak terbatas. Sekitar 600 ribu judul buku dalam format Amazon Kindle siap diborong. Sebuah langkah yang bakal mengguncang dunia penerbitan?

Dengan 9,99 dolar per bulan di program Kindle Unlimited, Amazon menawarkan akses ke sekitar 600 ribu judul buku dalam format Amazon Kindle. Pelanggan dapat mengakses buku-buku melalui tablet Kindle Amazon, serta perangkat lain dengan aplikasi Kindle, termasuk iPads dan iPhone, perangkat Windows dan gadget mobile Android.

Amazon tidak mungkin menawarkan buku-buku baru atau buku-buku terlaris saat ini, karena tidak memiliki hak untuk memasukkannya dalam paket berlangganan tersebut. Maka langkah awalnya, Amazon menyediakan banyak buku yang diterbitkan sendiri dan judul dari penerbit kecil dan independen, namun Amazon pasti akan menggunakan kekuatan pasarnya untuk memaksa tangan penerbit besar ikut andil dalam program Kindle Unlimited, setidaknya itu yang dituturkan oleh James McQuivey, seorang analis di Forrester Research.

Ide berlangganan sangat populer di kalangan konsumen untuk konten digital. Amazon melihat ini, sebagai peluang dan akan rela menunggu partisipasi penerbit untuk mencoba ide berlangganan semacam itu, hingga akhirnya Amazon akan dapat mengendalikannya. Sayangnya tidak semua penerbit menerima ide tersebut. Penerbit yang menolak model berlangganan beralasan bahwa secara efektif model berlangganan, akan memotong harga buku dan royalti yang dibayarkan.

Pada sisi lain, Amazon sangat yakin bahwa pembaca akan menerima model ini. Amazon begitu memahami pelanggannya. Di Amazon banyak pembaca buku serial misteri yang selalu mengejar 'update' cerita setiap minggu, dan ini membuat pembaca tak bisa menolak untuk mengambil tawaran model berlangganan.

Roger Kay, analis Endpoint Technologies Associates, mengatakan sistem Amazon baru memiliki potensi untuk mengubah model ekonomi untuk penerbit dan penulis, karena harga berlangganan yang dipatok 9,99 dolar, kurang lebih setara dengan harga sebuah e-book saja. Dan posisi tersebut tentulah sangat disukai pembaca.

"Dan kemudian saya mulai bertanya-tanya apa yang terjadi pada penulis. Mereka dibayar biasanya dengan persentase dari jumlah penjualan. Jadi ini lebih lanjut menghancurkan model ekonomi yang telah memberi pendapatan finansial bagi para penulis." kata Kay menambahkan.

Kindle Unlimited juga akan mencakup buku audio yang tersedia melalui layanan Audible. Layanan ini diluncurkan untuk pelanggan AS, dan akan segera tersedia juga untuk negara-negara lain.

Di segmen buku, layanan serupa juga pernah ditawarkan oleh Scribd, yang menawarkan sekitar 400 ribu judul untuk 8,99 dolar per bulan. Dan juga Oyster yang mematok 9,95 dolar untuk akses ke 500 ribu buku yang terdaftar di katalognya.•••

back to top

More Publishing