Menu

Kindle MatchBook dari Amazon: Gerbang e-Book Murah

Kindle MatchBook dari Amazon: Gerbang e-Book Murah

Sejak awal Oktober ini, para pembeli buku-buku Amazon akan bisa membeli versi Kindle, seharga 1, 2 atau 3 dolar saja, untuk setiap pembelian buku-buku cetak lama, baru maupun buku-buku yang akan terbit. Dalam program ini Kindle MatchBook menawarkan tambahan pembelian ebook murah untuk lebih dari 10 ribu judul buku.

MatchBook memilah harga menjadi empat level yang berbeda: ada yang gratis, satu, dua, dan tiga dolar Amerika. Tidak jelas bagaimana struktur pembanderolan itu bekerja atau seberapa banyak tambahan untuk kategori gratis bila dibandingkan dengan level harga tiga dolar. Jumlah judul yang ditawarkan memang cukup banyak dan harganya juga bersaingm tetapi sejauh ini buku-buku yang kompatibel dengan MatchBook Amazon ini tampaknya hanya buku-buku terbitan HarperCollins.

Sebagian dari judul-judul yang kompatibel dengan MatchBook meliputi karya pengarang-pengarang seperti Ray Bradbury, Michael Crichton, Blake Crouch, James Rollins, Jodi Picoult, Neil Gaiman, Marcus Sakey, Wally Lamb, Jo Nesbo, Neal Stephenson, dan J.A. Jance.

Bundel Digital

Layanan AutoRip yang diluncurkan Amazon (gambar atas) seperti like Kindle MatchBook untuk CD. MatchBook sangat mirip dengan AutoRip, sebuah layanan yang diintrodusir pada bulan Januari yang memberikan versi-versi digital gratis untuk setiap pembelian CD fisik di Amazon. Seperti AutoRip, MatchBook memungkinkan Anda menelusuri sejarah belanja Anda di Amazon untuk menemukan buku-buku yang memenuhi syarat; setiap pembelian buku cetak di Amazon sejak 1995 bisa memenuhi syarat untuk bisa meng- “upgrade” MatchBook.

Sebagai bagian dari program baru ini, Amazon akan membantu pembeli untuk melihat sejarah pemesanan dan pembelian untuk melihat pembelian lama mana yang termasuk ke dalam program MatchBook ini. Layanan ini juga akan diselenggarakan secara berkelanjutan; jadi, jika buku yang Anda beli kembali di hari pemesanan tidak termasuk dalam program, MatchBook saat ini bukan berarti buku itu akan selamanya tidak termasuk dalam program—bisa saja pada kesempatan lain judul yang pernah Anda beli, termasuk ke dalam daftar judul dalam program itu. Ini berita bagus untuk siapapun yang membeli buku-buku non-HarperCollins dari Amazon selama 28 tahun terakhir.

Tampaknya MatchBook merupakan satu langkah yang luar biasa untuk melengkapi Kindle dengan pembelian-pembelian lama dan untuk mendorong para pengguna non-Kindle untuk mencoba e-book. Program ini juga memberi Amazon satu metode lagi untuk mengunci lebih banyak pelanggan ke dalam platform Kindle yang padat-DRM ini, dengan satu perpustakaan penuh dengan judul-judul yang dianggap favorit.

Amazon semakin tertarik kepada layanan-layanan yang menyatukan produk digital dan produk fisik. Selain mengintrodusir AutoRip pada bulan Januari lalu, Amazon juga meluncurkan Mobile Assocates API pada bulan Agustus. Mobile Associates memungkinkan para pengembang Android sebagai pihak ketiga menjual produk-produk fisik dari Amazon di dalam aplikasi-aplikasi mereka.•••

back to top

More Publishing