Menu

Radiasi Terahertz Percepat Memori Komputer Hingga 1000 Kali

Radiasi Terahertz Percepat Memori Komputer Hingga 1000 Kali

Satu area yang membatasi kecepatan dalam personal computing adalah memori—khususnya seberapa cepat sel-sel memori individual bisa diganti, digeser dan digerakkan, sesuatu yang biasanya dilakukan dengan menggunakan sebuah bidang magnetik eksternal.

Ilmuwan-ilmuwan Eropa dan Rusia menawarkan sebuah metode baru menggunakan radiasi terahertz yang jauh lebih cepat, yang dikenal dengan nama "T-rays”,  sesuatu yang sama dengan yang digunakan pada pemindai tubuh yang digunakan di bandara. Menurur penelitian mereka, yang diterbitkan di jurnal Nature, menukar bidang-bidang magnetic dengan T-rays bisa mendongkrak tingkat proses cell-resetting sekitar 1000 kali, yang dapat digunakan untuk menciptakan memori yang ultrasepat.

Sesungguhnya  radiasi adalah serangkaian denyut-denyut elektromagnetik pendek yang mendenting sel-sel pada frekuensi-frekuensi terahertz (yang memiliki panjang-gelombang sekitar 0,1 millimeter, terletak antara gelombang-gelombang mikro dan sinar inframerah, menurut pers rilis yang dikeluarkan oleh peneliti-peneliti itu). Berbagai eksperimen T-ray antara lain dilakukan untuk menginspeksi dengan cepat dan akurat bahan-bahan mekanik dan organic, seperti untuk melihat jeroan microchip, memindai teks-teks yang sudah rapuh dan bahkan menyisir bagasi di bandara untuk menemukan bom.  

Meski demikian, T-rays belum akan digunakan pada PC dalam waktu dekat ini, karena para ilmuwan masih harus mempublikasikan pengujian-pengujian pada sel-sel memori computer yang sesungguhnya.•••

back to top

More Publishing