Menu

e-Paper Graphene: Lebih Cerah dan Lebih Lentur

e-Paper Graphene: Lebih Cerah dan Lebih Lentur

Siapa bilang e-paper itu sudah kuno? Jelas tidak di China. Guangzhou OED Technologies yang berkedudukan di negara itu sudah menciptakan apa yang disebutnya sebagai e-paper berbahan-graphene yang pertama di dunia.

Bahan yang luarbiasa kuat tetapi ringan ini menjanjikan layar yang sangat tipis, lebih cerah, dan lebih lentur. Anda bisa mendapatkan e-reader yang lebih mudah dibaca di hari yang sangat cerah dan bermandi cahaya matahari, misalnya, atau pelacak aktifitas yang juga tahan diperlakukan bagaimanapun. Bahan ini juga jauh lebih murah, karena karbon graphene jauh lebih mudah didapat ketimbang metal indium eksotik yang Anda biasa lihat dalam e-paper konvensional.

Pertanyaan utamanya hanyalah masalah ketersediaan. Perusahaan itu berharap akan bisa memulai produksi e-paper dalam waktu satu tahun ke depan, dan tidak jelas siapa saja yang sudah mengantri. Sayangnya, kita tidak akan bisa berharap bahwa Amazon akan membuat Kindle graphene. Tetapi, jika teknologi ini berhasil lepas landas, ia bisa memberi nilai lebih kepada e-paper di era ketika begitu banyak piranti berbasis-LCD atau OLED.••• 

back to top

More Publishing