Menu

Chrome Canary, Mampu Cek Ejaan pada Banyak Bahasa Sekaligus

Chrome Canary, Mampu Cek Ejaan pada Banyak Bahasa Sekaligus

Jika Anda seorang bilingual sekaligus pengguna Chrome, kini Anda dapat mengaktifkan Chrome Canary untuk mengecek ejaan kata dalam berbagai bahasa sekaligus.

Tentu saja ini bakal memangkas waktu editing Anda, dan menggusur penggunaan perangkat atau piranti ketiga lain yang biasa digunakan dalam proses revisi teks. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur ini secara manual dan memilih bahasa-bahasa mana saja yang ingin Anda pantau, dan setelah itu semua akan bekerja secara otomatis.

Berita tentang fitur ini muncul pertama kali pada awal musim panas ini, dan diumumkan resmi oleh François Beaufort dalam sebuah post di Google Plus pada 22 Agustus lalu. Sebuah fitur yang sangat mudah dan sederhana—coba saja ketik keliru sebuah kata dalam dua atau lebih bahasa dan akan segera muncul garis merah tanda salah di bawah kata-kata tersebut.  

Tetapi, sebelum bisa bekerja dengan fitur ini, Anda pelu masuk ke seting bahasa pada Chrome dan menambahkan tanda cek pada “Use this language for spell checking” (Gunakan bahasa ini untuk mengecek ejaan). Lakukan hal yang sama untuk setiap bahasa yang Anda gunakan, dan semuanya akan dimasukkan ke dalam semua aktifitas pengecekan ejaan.  

Fitur ini masih terus dikembangkan—dimunculkan di browser Chromium Canary,  dan Anda akan harus menggunakannya pada mesin-mesin berbasis ChromeOS, Windows, atau Linux machines (para pengguna Mac tidak akan mendapatkannya, karena Chrome pada OS X menggunakan kamus-kamus bahasa pada sistemnya sendiri-sendiri).•••

back to top

More Publishing