Menu

Self-Publishing Blurb: Tandatangani Kesepakatan dengan Amazon & Ingram

Self-Publishing Blurb: Tandatangani Kesepakatan dengan Amazon & Ingram

Adalah mimpi kebanyakan penulis untuk menerbitkan sendiri buku mereka. Kemudian melihatnya terpajang di toko-toko buku.

Realitas skenario ini adalah bahwa menerbitkan buku membutuhkan pemahaman tentang industri itu dan modal yang tidak sedikit. Itulah yang menjadi alasan mengapa Blurb, mencoba melakukan sesuatu.  

Layanan Blurb memungkinkan para penulis menerbitkan, mendistribusikan, dan menjual buku-buku cetak maupun ebook melalui platform yang ditawarkannya dengannya dengan tingkat kesulitan dan kerepotan yang relative kecil. Penulis tidak akan harus belajar tentang bagaimana mengkonversi buku-buku mereka menjadi ebook yang dapat dijual di Nook, Amazon, Google Play Store, dll., tidak juga mereka harus menemui penjual-penjual buku secara individual.  

Beberapa waktu lalu, perusahaan ini meluncurkan tiga ukuran buku baru (5×8-inch, 6×9-inch, dan 8×10-inch; yang tak lain adalah ukuran-ukuran buku yang paling banyak digunakan) dan opsi-opsi baru untuk kualitas penjualan. Harga untuk format-format baru itu dimulai dari 3 dolar AS saja, untuk buku-buku berwarna dan 2,5 dolar AS untuk buku hitam putih. Bersama dengan format-format baru itu, Blurb juga mengumumkan bahwa pihaknya sudah menandatangani sebuah kesepakatan baru untuk mendistribusikan buku-buku cetak via Ingram Content Group dan sebuah kesepakatan lain untuk mengkonversi buku cetak menjadi ebook digital seperti yang tersedia di toko Kindle milik Amazon.

CEO dan pendiri Blurb Eileen Gittins menjelaskan bahwa Blurb mempermudah semua proses yang berkaitan dengan dengan penerbitan buku sehingga penulis tidak perlu lagi menjalani proses konversi/distribusi sekaligus. Gittins mengatakan bahwa ukuran-ukuran buku yang baru itu perlu disediakan bagi penulis maupun penerbit karena ukuran-ukuran itu adalah ukuran-ukuran standar untuk distribusi, yang membuat model self-publishing Blurp ini menarik banyak pembaca.

Kemitraan distribusi yang baru ini berarti orang akan bisa mendapatkan buku-buku ini di toko Kindle, dan 39 ribu toko buku online Ingram akan dapat memesan buku-buku cetak untuk memenuhi permintaan, dan dengan demikian mengalirkan uang langsung ke saku para penulis ketika dilakukan penjualan.  

Didirikan pada tahun 2005, debutan yang berbasis di San Franciscoini sudah berhasil mendapat pendanaan sebesar total 21,6 juta dolar AS. Gittins menolak membocorkan angka-angka pendapatan perusahaan, juga tentang seberapa banyak lagi bisnis yang akan dibawa ke Blurb dalam kemitraan-kemitraan distribusi yang baru ini.•••

back to top

More News