Menu

'Perang Harga' Amazon, Menuai Protes dari Para Penulis Berbahasa Jerman

'Perang Harga' Amazon, Menuai Protes dari Para Penulis Berbahasa Jerman

Penulis-penulis berbahasa Jerman telah menandatangani petisi untuk protes terhadap metode yang digunakan oleh pengecer online Amazon dalam menangani ‘perang’ harga e-Book dengan penerbit Skandinavia, Bonnier.

“Dalam beberapa bulan ini, penulis Bonnier diboikot dan buku mereka sudah tidak ada lagi di stok.” Dikutip dari surat yang ditandatangani oleh para penulis. Diantaranya adalah penerima penghargaan Nobel, Elfriede Jelinek, dan ketua asosiasi penulis Jerman PEN, Regula Venske.

Keluhan yang tertera di dalam surat diantaranya pengiriman buku menjadi lambat; informasi palsu mengenai ketersediaan buku; dan nama penulis tidak muncul di dalam daftar rekomendasi Amazon. Amazon tidak memiliki hak untuk menjadikan sandera terhadap penulis yang tidak terlibat secara langsung dalam konflik ini.

Bonnier atau Amazon belum ada yang mengomentari sengketa harga ini kepada public. Bonnier adalah penerbit besar di Jerman. Penulis telah meminta pembaca untuk langsung menulis kepada penemu Amazon, Jeff Bezos, atau kepada pemimpin Amazon Germany, Ralf Kleber, “untuk membuat pembaca mengetahui metode blackmail terbaru Amazon”.  Pada akhir Juni, industri buku Jerman telah dipenuhi dengan keluhan atas “blackmail” yang digunakan oleh Amazon untuk mendapatkan diskon dari penerbit.•••

back to top

More News