Menu

Apple Membuka Toko Resmi di Alibaba Tmall

Apple Membuka Toko Resmi di Alibaba Tmall

Upaya terbaru meningkatkan penjualan di China, Apple Inc. membuka toko resmi di Tmall. Pasar online utama yang dijalankan oleh raksasa e-commerce China, Alibaba Group Holding Ltd.

Tmall yang diluncurkan pada tahun 2008, adalah situs belanja yang memiliki lebih dari 70 ribu pedagang. Tak luput juga merek-merek global seperti Nike Inc. dan Gap Inc. Di Tmall etalase baru Apple memiliki desain yang mirip dengan toko online China sendiri.

Seorang juru bicara Alibaba menegaskan bahwa halaman Tmall Apple dibuka baru-baru ini, tetapi menolak berkomentar lebih lanjut. Sedangkan Juru bicara Apple belum berkomentar tentang kabar ini.

Analis dan investor mengharapkan di China akan mendorong penjualan Apple secara signifikan. Harapan tersebut tentu saja beralasan. Dari China Mobile Ltd. misalnya, operator seluler terbesar di dunia dengan lebih dari 700 juta pelanggan, akan mulai menjual iPhone pada bulan Januari. Ini merupakan gerbang akses ke basis pelanggan China Mobile, yang akan memberikan Apple dorongan yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan penjualannya.

Meskipun demikian, Apple tak akan dengan mudah menghadapi persaingan sengit di China. Tidak hanya dari rival dekatnya Samsung Electronics Co. yang juga mengambil jatah pasar di China, tetapi juga sejumlah pembuat smartphone China yang menawarkan ponsel Android murah dengan fitur-fitur canggih.

Menurut perusahaan riset Canalys, pada kuartal ketiga 2013, Apple menempati peringkat kelima di pasar smartphone China, di belakang Samsung dan beberapa produsen smartphone di China.

Sebelumnya Apple sudah menjalankan toko online-nya sendiri di China, tapi toko baru Tmall yang dapat menyediakan saluran baru yang memberikan ruang untuk berkembang pesat di China degan meraih pasar dari pembeli online.

Situs belanja Alibaba, Taobao dan Tmall, yang dominan di China, menurut beberapa penelitian mengatakan akan segera menyalip Amerika Serikat sebagai pasar e-commerce terbesar di dunia.

Jika pembeli akan cenderung berkunjung ke Taobao, pasar raksasa dengan 7 juta pedagang dan 800 juta daftar item, untuk mencari harga yang rendah dan kejutan lain seperti bonus dan potongan harga, misalnya. Sementara Tmall berperan lebih seperti department store online dengan nama merek terpercaya.•••

back to top

More News