Menu

WhatsApp Mulai Luncurkan Otentikasi Dua-faktor untuk Semua Pengguna

WhatsApp Mulai Luncurkan Otentikasi Dua-faktor untuk Semua Pengguna

WhatsApp kini menjadi platform ngobrol yang lebih aman, sejak diluncurkannya verifikasi dua-langkah (sebutan yang diberikan oleh perusahaan itu untuk otentikasi dua-faktor) oleh perusahaan itu.

Fitur keamanan itu sudah tersedia pada versi beta aplikasi ini sejak musim gugur lalu, tetapi mulai Jumat lalu itu siapapun yang memiliki akun WhatsApp bisa mengunjungi menu pengaturan aplikasi itu dan mengatur verifikasi dua-langkah.
Untuk orang-orang yang belum pernah menggunakan otentikasi dua-faktor (two-factor authentication/2FA), langkah pengamanan canggih ini menambahkan satu lapisan kedua pada proses log-in, mempersulit penyusup untuk mengakses akun Anda.

Guna mengaktifkan 2FA di akun WhatsApp Anda, Anda perlu membuka aplikasi itu dan klik Settings>Account>Two-step verification>Enable. Begitu diaktifkan, Anda akan harus menginput sebuah passcode enam digit setiap kali Anda berusaha untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp.

Anda juga akan diberi pilihan untuk memasukkan alamat email untuk jaga-jaga jika Anda lupa passcode enam digit itu dan perlu melumpuhkan 2FA dari jauh. WhatsApp akan mengirimi Anda satu tautan yang akan melumpuhkan 2FA di akun Anda, tetapi email itu juga bisa menjadi peringatan jika seseorang berusaha mengakses akun Anda.

Untuk membantu pengguna mengingat passcode me, “secara periodik WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan passcode Anda” selagi Anda menggunakan aplikasi tersebut. Satu-satunya cara untuk melumpuhkan fitur ini adalah mematikan 2FA sama sekali. Tetapi menurut The Guardian, aplikasi ini hanya akan meminta Anda untuk menginput passcode itu setiap tujuh hari.•••

back to top

More News