Menu

Kamera Super-cepat Rekam “Ledakan-ledakan Sonik’ Berbasis-cahaya

Kamera Super-cepat Rekam “Ledakan-ledakan Sonik’ Berbasis-cahaya

Para ilmuwan sudah lama curiga bahwa cahaya dapat menghasilkan letupan-letupan konikalnya sendiri, seperti sebuah ledakan sonic, tetapi bagaimana Anda bisa memotret sesuatu yang terjadi secepat itu?

Dengan sebuah kamera yang sangat cepat, tentunya. Washington University di St. Louis sudah merekam gelombang-gelombang kejut fotonik ini dengan menggunakan sebuah "streak camera" yang mengukur gambar dan data temporal pada kecepatan 100 milyar bingkai per detik. Untuk memvisualisasikan corong-corong itu, team itu menembakkan denyutan-denyutan laser hijau yang sangat cepat (hanya sepanjang 7 picosecond) melalui sebuah terowongan yang penuh dengan kabut kering dan ditempatkan antara plat-plat yang terbuat dari aluminum oksida dan karet silikon. Karena laser bergerak lebih cepat di terowongan daripada di plat-plat, laser ini menghasilkan sebuah efek seperti ledakan sonik ketika sebagian dari cahaya itu terseret cepat di belakangnya.

Pendekatan ke kamera itu sangat penting. Tehnik-tehnik untuk menangkap dan memotret event-event yang sangat cepat biasanya membutuhkan begitu banyak bukaan untuk melihat apapun; streak camera ini hanya butuh satu bukaan saja. Yang lebih penting dari kesederhanaan itu, kamera ini memungkinkan Anda menangkap event-event yang tidak akan berulang dengan cara yang persis sama, seperti denyutan-denyutan laser tersebut.

Ini bisa memberikan pengetahuan-pengetahuan baru tentang cahaya, tentu saja, tetapi para ilmuwan ini pada akhirnya lebih tertarik pada biologi. Sistem mereka ini cukup cepat untuk melacak letupan-letupan neuron, dan memetakan aktifitas otak secara real time. Orang bisa melacak detil paling kecil sekalipun, sesuatu yang bisa meningkatkan pemahaman kita tentang pikiran dan penyakit-penyakit yang ada kaitannya dengan otak.•••

back to top

More News