Menu

Menyorot Dimulainya Pengujian Terbatas Android Instant Apps

Menyorot Dimulainya Pengujian Terbatas Android Instant Apps

Sejak konferensi Google I/O tahun lalu, raksasa pencari itu mengintrodusir sebuah konsep baru yang sudah dan sedang terus dikerjakan oleh team Androidnya: Instant Apps.

Aplikasi-aplikasi yang disingkat ini akan distream-line sedemikian rupa sehingga cukup untuk langsung mulai setelah pengguna membukanya dengan sebuah ketukan URL, secara temporal memuat fungsionalitas software itu sepenuhnya tanpa melalui prosedur panjang dan rumit instalasi Play Store tradisional. Setelah setengah tahun, team Android sudah membuka beberapa Instant Apps pilihan untuk diuji secara langsung.

Tetapi tampaknya Instant Apps ini belum akan tersedia untuk bisa dikutak-katik oleh umum dalam waktu dekat. Pengguna hanya akan mendapatkan akses ke aplikasi-aplikasi ini untuk satu pengujian terbatas saja agar Google bisa mendapatkan masukan-masukan untuk perbaikan dan peluncuran produk, demikian menurut blog pengembang Android.

Beberapa perusahaan pertama yang berkesempatan menjajal Instant Apps termasuk Wish, Periscope, Viki dan Buzzfeed – yang disebut terakhir itu tampaknya merupakan satu-satunya yang sudah sejak awal dilibatkan sejak rencana ini dipresentasikan di Google I/O, seperti disitir VentureBeat. Artinya, kita mungkin belum akan melihat Instan App milik megastore elektronik B&H, yang merilis demonya berikut ini pada konferensi tersebut.

Dari post blog team Android, pengembang-pengembang lain yang berminat mungkin tidak akan bisa bergabung pada periode akses pertama ini, meski mereka bisa mendaftar untuk bisa mendapatkan akses untuk rilis SDK yang lebih luas “beberapa bulan mendatang”. Mereka harus mempersiapkan aplikasi mereka sebelumnya, dengan menyederhanakannya untuk instalasi on-the-fly moduler dan memenuhi aturan-aturan dan ijin Android 6.0.•••

back to top

More News