Menu

Menyorot Bakal Perubahan Terbesar pada Galaxy S8

Menyorot Bakal Perubahan Terbesar pada Galaxy S8

Tanya seagian besar penggila gajet, pasti mereka akan mengatakan bahwa hanya ada satu smartphone flagship baru yang benar-benar mereka tunggu-tunggu untuk diluncurkan pada paruh pertama 2017: Samsung Galaxy S8.

Setelah apa yang terjadi pada phablet Samsung Galaxy Note 7 phablet, yang merupakan ponsel Android paling hot yang pernah dilihat dunia sebelum akhirnya menjadi tragedi karena ledakan dan kebakaran yang ditimbulkannya, ekspektasi orang memang tidak bisa terlalu tinggi, bahkan sekalipun ada ruang kosong yang baru akan terisi pada bulan Februari atau bahkan Maret tahun depan.

Itu kabar buruknya. Kabar baiknya adalah bahwa menurut sejumlah laporan yang solid, Galaxy S8 tahun depan akan sangat layak ditunggu.

Mesin rumor sudah memanas menjelang akhir tahun ini dan Samsung sudah memfinalkan rencana-rencananya untuk Galaxy S8 dan Galaxy S8 edge. Bahkan, kini kita sudah tahu bahwa tidak akan ada “Galaxy S8 edge” tahun depan. Tak seperti tahun 2016 ketika Samsung meluncurkan Galaxy S7 biasa dan kemudian Galaxy S7 edge yang lebih besar dengan sisi-sisi yang melengkung, model-model Galaxy S8 tahun depan diduga akan menampilkan satu desain yang melengkung di kedua sisinya.

Apa lagi yang bisa ditunggu dari Galaxy S8 tahun depan? Inilah lima perubahan terbesar yang kita harapkan:

Desain Layar-Penuh
Okay, ini memang tidak benar-benar ‘sepenuhnya layar’, tetapi bagian depan Galaxy S8 diduga sebagian besarnya akan dihabiskan oleh sebuah layar display Super AMOLED bmainly by a gorgeous new Super AMOLED display wru yang sangat menawan dengan resolusi 2K Ultra HD. Desain baru yang hot ini akan menghilangkan bezel yang semula ada di kedua sisi layar display, memungkinkan gambar-gambat yang ditampilkan di layar untuk bergulir sealur layar dan menghilang di sisi-sisi ponsel. Menurut beberapa laporan, ukuran bezel di atas dan di bawah layar juga akan dikurangi secara drastis.

Tak Ada Lagi Beranda
Guna memangkas bezel bagian bawah, tombol beranda (home) yang biasa ada pada Samsung konon akan ditiadakan. Sebagai gantinya, tugas-tugas tombol beranda itu akan digantikan dengan ketukan dan gerakan-gerakan yang dilakukan pada layar. Pemindai sidikjari tombol beranda ini konon akan ditanam di bawah layar. Kita sudah mendengar bahwa hal serupa juga akan dilakukan pada Apple iPhone 8, dan Samsung tampaknya akan menghantam habis Apple.

Prosesor Generasi Terbaru
Apple selalu terdepan dalam hal performa, tetapi tahun depan gap ini akan menyempit. Di tahun 2016, smartphone-smartphone Android baru yang dirilis sepanjang tahun tidak mampu mengalahkan iPhone 6 yang dirilis Apple tahun 2015, baik dalam uji performa maupun di atas kertas. Kemudian, iPhone 7 hadir dan mengalahkan semuanya. Karena chip-chip buatan Apple sendiri begitu digdaya dan softwarenya dioptimalkan sedemikian rupa, tampaknya kedigdayaan Apple belum akan tertandingi dalam waktu dekat ini. Meski demikian, sudah muncul laporan-laporan keren tentang chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang digadang-gadang akan menggerakkan versi AS Galaxy S8 tahun depan, dan chip Exynos baru yang akan digunakan dalam model internasional konon juga tak kalah impresifnya. Jika pembaruan-pembaruan Android dan “Samsung Experience” tidak menengahinya, maka kita akan melihat sebuah smartphone yang sangat digdaya.

Viv
Salah satu mitra-pereka Siri terus menciptakan sebuah versi asisten personal virtual yang lebih baru dan diharapkan akan lebih baik. Dia menamai asistennya ini ‘Viv’, dan kemudian menjual perusahaannya kepada Samsung. Sejak itu, perusahaan ini menegaskan bahwa asisten personalnya yang berbasis kecerdasan-buatan, yang akan bersaing dengan Siri dan Alexa, akan memulai debutnya di Galaxy S8 tahun depan.

Ngakak
Satu hal terakhir yang tak kalah penting, beberapa laporan belakangan ini mengklaim bahwa para pengguna Galaxy S8 akan berpisah dengan colokan headphone standard 3,5mm karena Samsung akan menggusurnya dan merangkul USB-C untuk audio maupun pengisian daya baterei sebagai gantinya. Ini sangat menghebohkan dan lucu bukan hanya karena para penggila Samsung sudah cukup lama mengejek para pengguna iPhone ketika iPhone 7 dan 7 Plus membuang port khusus headphone, tetapi karena Samsung sendiri sudah berkali-kali menyerang Apple atas keputusannya menghilangkan colokan audio 3,5mm itu. Bahkan ketika para eksekutif Samsung dan team humas perusahaan itu mengejek Apple atas keputusan itu, kita semua tahu bahwa ujung-ujungnya Samsung pasti akan menjiplak Apple dan membuang port kuno itu untuk menciptakan ruangan bagi komponen-komponen lainnya…dan kita tahu semua itu akan terjadi tak lama lagi.•••

back to top

More News