Menu

Inilah Headset iPhone VR yang Sudah Anda Tunggu-tunggu

Inilah Headset iPhone VR yang Sudah Anda Tunggu-tunggu

Virtual reality (VR) pada smartphone memang masih sangat baru, dengan Google Cardboard dan Samsung Gear VR sebagai pilihan-pilihan paling populer bagi mereka yang ingin bermain-main dengan VR tanpa harus terlibat penuh dengan Oculus Rift atau HTC Vive.

Memang pilihannya tidak banyak bagi para pemilik iPhone, tetapi headset Bridge dari Occipital mungkin punya kekuatan untuk menjadikan smartphone Apple satu pemain VR kelas berat.

Apa yang membuat Bridge berbeda dari Gear VR dan Cardboard, selain fakta bahwa Bridge sengaja dibuat khusus untuk iPhone, adalah bahwa Bridge bukan hanya sekedar benda plastik yang diletakkan di wajah Anda. Hardware tambahan yang melengkapi Bridge, termasuk “Structure Sensor” yang bisa diatur posisinya dan adapter lensa-lensa bersudut lebar untuk kamera iPhone, bekerja sama dengan ponsel itu bukan hanya untuk mendeteksi gerakan-gerakan kepala Anda, tetapi juga menunjukkan lokasi Anda saat terhubung dengan dunia di sekitar Anda.

Sensor yang dipasang di ‘alis-mata’ headset itu, menggunakan pemindaian inframerah untuk mengukur jarak Anda dari objek-objek yang paling dekat dengan Anda. Artinya, Anda bisa berjalan di seputaran sebuah ruang terbuka dan membuat gerakan-gerakan Anda itu diduplikasi di dunia virtual Anda. Persis seperti yang akan Anda alami dengan setup VR full-room seperti HTC Vive.

Seperti halnya Vive, headset ini bisa memberikan peringatan sebelum Anda menemukan berbagai benda di dunia nyata, dan membuat sebuah model wireframe dari apa yang dilihatnya, sehingga Anda tidak menabrak dinding atau tersandng sebuah meja kopi. Tetapi, tak seperti Vive dan Rift, headset ini bisa melakukan semua itu tanpa perlu menambahkan sensor-sensor di sekitar ruangan itu, atau kabel-kabel tebal menghubungkan headset dengan sebuah computer.

Ini sangat mengesankan, dan berkat kamera onboard pada iPhone, augmented reality dan berbagai pengalaman realitas campuran juga ada dalam deretan kemampuan Bridge. Tentu saja, sukses platform apapun bergantung kepada kontennya, dan untuk itu headset ini perlu menemukan cara untuk bisa sampai ke tangan pengembang-pengembang berbakat. Occipital belum lama ini meluncurkan paket “Explorer Edition” seharga USD499, dan headset terpisah dan satu kontroler Bluetooth seharga USD399.•••

back to top

More News