Menu

Ketika Instagram Live Hadirkan Streaming ke Stories Anda

Ketika Instagram Live Hadirkan Streaming ke Stories Anda

Hanya beberapa pekan setelah Instagram mengumumkan bahwa pihaknya akan menambahkan broadcasting video live ke dalam aplikasi ini, kini fitur itu sudah benar-benar hadir.

Untuk mulai broadcasting, buka saja kamera Stories Anda dan masuklah ke mode "Live". Penontonnya akan tahu bahwa Anda sedang ‘siaran’ live dengan bagde “live” pada ikon Story Anda. Antarmuka ini sangat mirip dengan Periscope dan Facebook Live. Anda bisa meninggalkan komentar dan menyentuh tombol Heart untuk mengirim hati yang mengambang ke dalam tayangan.

Perbedaan besarnya tampaknya adalah bahwa tak seperti Facebook Live dan Periscope, video-video live yang diambil dengan Instagram ini benar-benar tak bisa bertahan lama—Anda tidak bisa mengakses video-video yang sudah diarsipkan untuk ditonton lagi nanti. Jadi jika Anda tidak ingin ketinggalan video-video Instagram Live, Anda harus mengikuti akun-akun yang Anda inginkan dan tune in di waktu yang tepat. Meski demikian, Instagram juga memenuhi laman Explore-nya dengan video-video "Top Live" yang diharapkannya akan menyoroti cerita-cerita live yang paling populer kapanpun.

Dalam satu hal, Instagram Live tampak seperti blasteran antara Facebook Live dan Snapchat. Ia hanya bisa digunakan pada piranti mobile, tak seperti Facebook Live, dan tampaknya platform ini diutamakan untuk personal video sharing, sedangkan Facebook Live sejauh oni lebih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan media dan para penerbit. Tidak terlalu jelas apakah memang ada pasar untuk jenis live video sharing semacam ini, tetapi popularitas Instagram terbukti bisa menjadi ladang untuk mengujinya.

Live video di Instagram ini sudah diluncurkan, tetapi untuk sementara hanya bisa digunakan oleh para pengguna di AS saja.•••

back to top

More News