Menu

McDonald's Ungkap ‘Pengalaman Konsumen’ Baru dengan Kios-kios Pemesanan dan Layanan Meja

McDonald's Ungkap ‘Pengalaman Konsumen’ Baru dengan Kios-kios Pemesanan dan Layanan Meja

Para pengamat dan investor McDonald's sudah lama menjadi tanda-tanda bahwa rantai restoran ini memiliki satu rencana untuk melanjutkan momentumnya setelah memporting lima prestasi pertumbuhan lima kuartal berturut-turut.

Tampaknya jawabannya adalah konsep restoran layanan-mejanya yang baru, yang menurutnya telah mendongkrak penjualan dan kepuasan konsumen di pasar-pasar yang sudah lebih dulu ada, termasuk bagian-bagian California, Inggris, Australia, Kanada, Jerman dan Perancis.

McDonald's kini meluncurkan konsep itu di Boston, Washington, D.C., Chicago, Seattle dan San Francisco.

Gerai-gerai mereka sedang diperbarui dengan interior-interior yang lebih modern dan Wi-Fi, tetapi perubahan terbesarnya adalah layanan meja. Konsumen bisa memesan di kasir atau di kios-kios digital di mana mereka bisa mengatur sendiri pesanan mereka dengan, misalnya, sebuah burger gourmet maple-bacon dan sebuah roti "artisanal". Kios-kios itu menerima kartu-karti kredit maupun kartu debit, Apple Pay dan Android Pay. Setelah pelanggan menyelesaikan pesanan, makanan akan segera diantar oleh pelayan yang bertugas.

Tahun depan, McDonald's mengatakan bahwa pihaknya juga akan menambahkan pemesanan dan pembayaran mobile. Pembayaran mobile sudah tersedia di beberapa gerai internasional perusahaan itu, sementara Amerika Serikat sendiri ketinggalan.

McDonald's mengatakan bahwa di Inggris restoran-restoran baru telah menghasilkan pertumbuhan sebesar 8% di gerai dan 4% di drive-thru. McDonald's CEO Steve Easterbook mengatakan bahwa sejak dulu perusahaanlah yang menuntut konsumen untuk menyesuaikan diri dengan model bisnis mereka, tetapi perubahan jaman kini menuntut sebaliknya. Kini, konsumen lebih menentukan bagaimana mereka memesan, membayar dan memilih sajian menu.

Selama ini, memesan di McDonald's bisa sangat mengesalkan dan melelahkan. Dengan konsep baru ini, perusahaan itu berinvestasi di masyarakat dengan melatih tenaga-tenaga terampil yang mampu memberikan “pengalaman kenyamanan dan keramahan” yang akan membantu pelanggan di ruang makan dan di kios-kios pemesanan.

Untuk itu, McDonald's akan mengaktifkan TV lokal dan iklan-iklan lain untuk mengintrodusir konsep ini dengan kampanye-kampanye yang ditangani oleh agensi-agensi regional. Dan bagi yang tidak bisa berkunjung ke gerai-gerai, jaringan resto ini akan memungkinkan mereka melakukannya melalui virtual reality dengan kacamata-kacamata Oculus pada acara-acara tertentu.•••

back to top

More News