Menu

Menelisik Upaya Google Ubah Patron Krusial Bisnis TV?

Menelisik Upaya Google Ubah Patron Krusial Bisnis TV?

Google berharap bisa menghadirkan teknologi pelacak iklan dari web ke televisi, sesuatu yang berpotensi mengubah masa depan bisnis iklan.

Raksasa teknologi itu dipastikan segera memulai sebuah ujicoba layanan barunya di Kansas City, yang, dengan menggunakan sebuah boks Google Fiber,  melacak seberapa banyak setiap rumah menonton iklan. Google Fiber adalah divisi perusahan raksasa itu yang menyediakan Internet dan televisi untuk berbagai tempat seluruh negara itu. Layanan ini hadir pertama kali pada tahun 2012 di Kansas City, dan sejak itu terus berekspansi di kota-kota lain. Kota-kota besar, termasuk Atlanta, juga ditargetkan untuk menjadi menjadi pasar Google Fiber tak lama lagi.  

Dalam sebuah blog post, Google Fiber menyatakan bahwa iklan-iklan Fiber TV akan disebarluaskan secara real time dan dapat disesuaikan berdasarkan geografi, jenis program yang ditayangkan (misalnya, olahraga atau berita), atau riwayat tontonan. Anda bisa memilih untuk melihat iklan berbasis riwayat tontonan dari pengaturan-pengaturan Fiber TV.

Ujicoba ini memang hanya berlaku untuk bisnis-bisnis lokal di Kansas City, juga iklan-iklan digital, dan mereka yang mengikutinya hanya harus membayar iklan-iklan yang sudah ditayangkan saja, dan bisa membatasi jumlah tayang pada televisi tertentu.  

Jika ujicoba ini berhasil, bisa jadi akan ada perubahan-perubahan besar dalam bisnis iklan. Alih-alih membidik demografi yang luas dengan menempatkan iklan-iklan di tayangan-tayangan televisi, bisnis-bisnis lokal bisa membidik penonton-penonton yang sudah tertentu yang hampir bisa dipastikan akan merespon iklan-iklan mereka.•••

back to top

More News