Menu

iOS 10.1 Hanya Perbaiki Masalah Bluetooth pada iPhone 7?

iOS 10.1 Hanya Perbaiki Masalah Bluetooth pada iPhone 7?

Meski Apple memiliki visi tentang masa depan teknologi yang sama sekali tak lagi menggunakan kabel, ponsel-ponsel flagship baru perusahaan ini masih direporkan dengan masalah konektifitas Bluetooth.  

Masalah ini, setidaknya sebagian di antaranya, disebabkan oleh adanya sebuah bug dalam implementasi fitur Bluetooth 4.2 yang disebut Packer Length Extension, menurut sebuah sumber yang dikutip VentureBeat.

Bug ini (dan mungkin juga beberapa perubahan lain yang dilakukan sebelumnya oleh Apple) menghambat iPhone 7 dan 7 Plus berpasangan dengan beberapa piranti buatan perusahaan-perusahaan lain, seperti Android Wear dan smratwatch Pebble, beberapa headphone dan speaker, dan barangkali juga  mobil-mobil yang digerakkan oleh CarPlay.  

Apple dilaporkan sudah memperbaiki sebagian dari masalah-masalah Bluetooth iPhone 7 saat pihaknya merilis iOS 10.0.2, tetapi rilis terbaru ini tidak bisa menghubungkan ponsel itu dengan Pebble 2, Moto 360 generasi kedua, atau dengan Huawei Watch.

Tetapi, serangkaian update-update beta publik maupun pengembang yang dirilis oleh Apple bulan ini—update-update yang belum dirilis ke pengguna yang lebih luas—sudah mampu mengatasi semua masalah Bluetooth itu.  

Untuk jamtangan-jamtangan Pebble 2 dan Huawei, iOS 10.1 beta publik memungkinkan kita untuk memasangkannya dh iPhone 7 Plus setelah mengembalikan kedua wearable itu ke setelan pabrik. Tetapi, tidak demikian halnya dengan Moto 360  (catatan: Moto 360 kini ada dalam daftar Google yang berisi piranti-piranti Android Wear yang memiliki “masalah konektifitas yang serius” termasuk dengan iPhone 7), hingga diuji dengan beta pengembang iOS keempat yang dirilis beberapa  hari lalu.  

iOS 10.1 mungkin tidak bisa menyelesaikan setiap piranti pihak-ketiga yang terhubung dengan Bluetooth, tetapi setidaknya ini bisa sedikit meringankan masalah konektifitas yang sudah disuarakan para pemilik iPhone 7 di Twitter sejak September lalu.•••

back to top

More News