Menu

Bluetooth Tak Bekerja dengan Baik di sebagian iPhone 7?

Bluetooth Tak Bekerja dengan Baik di sebagian iPhone 7?

Pada 7 September lalu Apple mengatakan bahwa ‘membunuh’ colokan headphone butuh keberanian lebih; sebagai gantinya, perusahaan itu menyatakan Bluetooth untuk bisa terhubung dengan ‘apapun’. Nah, belakangan ini telah masuk sejumlah laporan yang mengatakan bahwa iPhone 7 sangat sulit terhubung dengan in-car Bluetooth.

Mulai dari Bluetooth-Bluetooth di mobil-mobil BMW, Kia, hingga Ford, dan mencakup masalah audio cut-out hingga masalah konektivitas. Mengingat bahwa pada mobil-mobil tertentu, seperti Ford,  pengguna tidak dapat menggunakan kabel pembantu dan juga mengisi daya baterei, ini jelas jadi masalah besar. 

Banyak komentar muncul di Reddit, forum-forum dukungan resmi Apple, dan forum MacRumors. Dari sejumlah keluhan yang muncul di forum-forum itu, tampaknya mobil-mobil BMW, Kia dan Ford berulang kali mengalami masalah konektivitas Bluetooth, sedangkan sejumlah pengguna lainnya mengeluhkan masalah yang sesekali muncul pada speaker-speaker Bluetooth.

BMW membenarkan bahwa memang ada masalah, dan menyatakan bahwa “saat ini, Apple iPhone 7 bukan piranti yang kami anjurkan untuk kendaraan kami hingga segala pengujian yang perlu dapat diselesaikan”. BMW belum bisa memperkirakan seberapa lama pengujian terkait masalah iPhone 7 ini bisa diselesaikan.  

Sudah sering terjadi ponsel-ponsel baru bermasalah dengan konektivitas Bluetooth, meskipun masalah yang menyebabkan audio menjadi terputus-putus—seperti yang dialami dengan beberapa pengguna dengan sistem Ford Sync yang sudah mapan itu—termasuk masalah yang paling serius.  

Tetapi, yang terpenting adalah kasus ini menandakan bahwa Apple terlalu terburu-buru menggusur colokan headphone. Bluetooth memang fantastik jika bekerja dengan baik, tetapi standarnya masih belum jelas dan banyak kelemahan. Pernyataan BMW menunjukkan bahwa Bluetooth tidak cukup bisa diandalkan untuk menjadi satu-satunya standar koneksi audio.  

Mobil juga merupakan tempat terburuk jika Blouetooth iPhone  7 Anda ngadat. Anda bahkan tak bisa menggunakan kabel pembantu, karena streaming musik sambil menggunakan Maps akan memakan habis tenaga baterei Anda hanya dalam sepuluh detik flat, dan Anda tidak bisa mengisi daya baterei iPhone 7 Anda sambil mendengarkan musik.•••

back to top

More News