Menu

Menjajal Emulator Baru Android Studio

Menjajal Emulator Baru Android Studio

Pada November lalu, Google mengumumkan Android Studio 2.0, versi utama kedua dari lingkungan pengembangan terpadu (integrated development environment/IDE) miliknya.

Versi 2.0, yang saat ini masih dalam tahap pratinjau, menambahkan sejumlah perbaikan, salah satu di antaranya adalah emulator Android yang lebih cepat. Tetapi Anda baru bisa mencobanya sekarang.  

Jika Anda bukan seorang pengembang Android, emulator baru ini dimaksudkan untuk membantu Anda menguji aplikasi Anda pada beragam ukuran layar dan konfigurasi—termasuk versi-versi Android terbaru—di samping hardware Android fisik yang Anda miliki. Untuk bisa mendapatkan pratinjau awal dari Android Emulator baru ini, yang bisa Anda gunakan bersama dengan versi baru ADB untuk instalasi APK dan transfer file yang lebih cepat, Anda bisa mengakses panduannya di Android Emulator Preview.  

Perbaikan-perbaikan emulator itu antara lain meliputi:  

  • Kinerja CPU Performance: akselerasi CPU pada  gambar-gambar sistem emulator x86 kini digunakan by default.
  • ADB yang lebih cepat: Saat Anda menggunakan Android 6.0 Marshmallow dan gambar-gambar sistem yang lebih tinggi dengan Android Emulator baru ini, Anda dapat mendorong file-file Anda lintas ADB hingga lima kali lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan piranti sungguhan.  
  • Toolbar: Beberapa di antara tindakan emulator yang paling umum tersedia pada sebuah toolbar baru dan panel kontrol, bukan lagi hanya dalam bentuk baris-baris perintah.  
  • Window Zooming & Scaling: Kini Anda bisa mengatur ulang ukuran window Anda hanya dengan menyeret sebuah sudut, juga melakukan pembesaran dan pengecilan (zooming in and out) dan menggulung untuk bisa mendapatkan tampilan yang lebih mendekati porsi layar Anda yang sesungguhnya.
  • Drag & Drop: Anda bisa melakukannya untuk menginstal APK, juga untuk memindahkan file apapun ke SD card internal pada emulator Anda.

Pendeknya, emulator baru ini menghadirkan perbaikan-perbaikan yang signifikan pada kecepatan dan kinerja, sebuah antarmuka yang lebih mudah digunakan, dan sebuah versi baru ADB untuk mempercepat instalasi APK  dan transfer file ke emulator. Dan kabar baiknya adalah bahwa Google mengatakan akan menambahkan lebih banyak fitur lainnya, meski tidak menyebutkan tanggal pastinya.•••

back to top

More News