Menu

Apple Music untuk Android?

Apple Music untuk Android?

Apple mungkin bukan satu yang eksis dalam bisnis pembuatan aplikasi-aplikasi untuk Android, tetapi satu bocoran baru menunjukkan bahwa raksasa itu memiliki ambisi lintas-platform untuk Apple Music.

Layanan streaming berbasis langganan ini diluncurkan pada bulan Juni lalu dengan iOS 8.4 untuk iPhone, iPad, iPod touch, Apple TV, dan OS X, tetapi menurut serangkaian screenshot baru yang bocor ke publik belum lama ini, Apple tampaknya sedang mengerjakan sesuatu yang konon akan menjadi satu versi software itu khusus untuk Android. 

Rangkaian screenshot—yang tampaknya diambil dengan piranti berbahasa Jerman ygy sedang digunakan dalam sebuah program ulasan—memperlihatkan fitur-fitur seperti radio Beats 1, Apple Music Connect yang memungkinkan para artis menciptakan blog-blog mirip tumblr untuk berhubungan dengan para penggemarnya, serta sejumlah rekomendasi.  

Ada juga integrasi dengan musik lain milik pengguna, meski upaya untuk menguji streaming dari iTunes di Cloud tampaknya menghadapi masalah server. 

Ini bukan kali pertama kita mendengar bisik-bisik tentang Apple Music untuk Android. September lalu Apple dilaporkan mengirimkan sejumlah undangan beta untuk satu versi layanan ini yang dirancang untuk platform Google.  

Meski rangkaian screenshot itu bisa saja palsu, yang jelas Apple sangat berkepentingan untuk menyebarkan Apple Music seluas mungkin. Skema keluarga, misalnya, yang memungkinkan enam orang berbagi satu langganan berpotensi jauh lebih menarik jika keluarga-keluarga yang menggunakan OS yang berbeda-beda juga bisa menggunakannya, bukan hanya mereka yang memiliki piranti iOS saja.  Itu pelajaran yang Google ambil dari Google Play Music, yang bisa digunakan oleh Android maupun iOS. 

Sayangnya belum jelas kapan Apple Music untuk Android ini bakal diluncurkan.••• 

back to top

More News