Menu

Cortana Segera Hadir di OS Mobile?

Cortana Segera Hadir di OS Mobile?

Mengutip mitra-pendiri dan kepala eksekutif Cyanogen Kirt McMaster, International Business Times melaporkan bahwa Cyanogen “bekerjasama dengan Microsoft untuk mengintegrasikan Cortana secara mendalam ke versi sistem operasi Cyanogen yang akan datang”.

Soal ini, Microsoft menolak memberi konfirmasi tegas, dan baik jurubicara Microsoft maupun Cyanogen menolak untuk memberikan keterangan lebih rinci. 

Jika benar akan hadir di sistem operasi Cyanogen, itu akan bagus bagi Cyanogen sebagai sebuah paltform mobile, yang tersedia secara preinstalled pada semakin banyak piranti, termasuk OnePlus One. Kemampuan Cortana untuk melakukan deep-link ke dalam dan mengendalikan konten di banyak aplikasi mobile bisa membantu sistem operasi Cyanogen tampil semakin beda dari ponsel-ponsel lain berbasis Android atau turunan-turunan Android. Microsoft membuat Cortana semakin cerdas, dan ke depan bisa jadi raksasa itu akan melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan dengan asisten digital pribadi bawaan Android, Google Now. Kemitraan ini juga berarti bahwa Cortana akan semakin luas digunakan.  

Cortana hadir pertama kali di Windows Phone tahun lalu dan kini ada pada PC-PC yang menggunakan Windows 10. Microsoft meluncurkan aplikasi Cortana untuk Android dalam versi public beta bulan alalu, dan akan muncul di iOS juga. Tidak ada jaminan bahwa kebanyakan pengguna iOS dan Android akan mengadopsinya, tetapi untuk mereka yang mencari pengalaman mobile yang baru, sebuah ponsel berbasis sistem operasi Cyanogen dengan Cortana dari sebuah debutan Silicon Valley pasti akan cukup menggoda—khususnya para pengguna Windows 10 yang baru mulai mengenal Cortana.•••

back to top

More News