Menu

StartUp Ketiga Paling Laku di China: Layanan Pengiriman Makanan

StartUp Ketiga Paling Laku di China: Layanan Pengiriman Makanan

Ele.me, sebuah perusahaan pengantar makanan yang populer di China berhasil menggalang USD630 juta dalam penggalangan dana modal Seri F pada nilai valuasi USD3 milyar tepat sebelum akhir pekan lalu. 

Putaran itu melejitkan Ele.me ke posisi ketiga di jajaran perusahaan-perusahaan debutan paling diinginkan untuk investasi di China, dengan sekitar USD1,1 milyar dalam bentuk modal yang sejauh ini sudah tergalang. Website pembelian grup Meituan di tempat keempat dengan nilai investasi yang sama.  

Sementara itu, aplikasi pemesanan taksi Didi Kuaidi dan pabrikan smartphone Xiaomi masih berada di dua posisi teratas deretan yang sama. Didi menggalang USD3,4 milyar di matra itu pada nilai valuasi sebesar USD15 milyar dalam usahanya mengalahkan Uber, sedangkan Xiaomi meraup USD1,4 milyar dana investasi dari nilai valuasi USD45 milyar.  

Pada awalnya Ele.me meraih USD350 juta pada Januari lalu dari investor-investor termasuk CITIC Private Equity, Tencent (pemilik WeChat), ecommerce giant JD.com, dan Sequoia Capital. Putaran terbaru menunjukkan bahwa investor-investor yang ada itu ingin menyuntikkan lebih banyak dana, dan investor lain seperti peritel China Hualian Group dan firma ekuitas privat Gopher Asset.

Ele.me mengklaim bahwa kini pihaknya menguasai 300 ribu restoran di 260 kota di China dalam platformnya, dengan hampir USD9,5 juta  nilai order harian dari sekitar 40 juta konsumen (98 persen di antaranya melalui piranti mobile), dan mempekerjakan 10 ribu orang.  Bisa jadi ini bukanlah investasi terbesar di layanan semacam itu di China tahun ini.•••  

back to top

More News