Menu

Video 8K Pertama Besutan Youtube: Nyaris Tanpa Penonton

Video 8K Pertama Besutan Youtube: Nyaris Tanpa Penonton

Seperti pada kasus video 4K yang sudah dapat ditonton di Youtube, satu dari unggahan awal ke Youtube dalam format 8K telah dilakukan baru-baru ini.

Google menyebutkan bahwa footage dari kualitas tersebut telah didukung sejak 2010, tetapi baru di awal tahun ini label 8K/4320p ditambahkan ke Youtube. Ghost Towns, dari pengguna Neuman Films telah diunggah ke situs tersebut kurang dari seminggu lalu, yaitu pada 7 Juni 2015. Menariknya adalah, ada sangat sedikit orang yang mempunyai komputer yang cukup kuat untuk memainkan film dengan ukuran ini.

Video itu sendiri hanya tampilan singkat pada tempat pertambangan yang telah ditutup, penuh dengan suntingan yang bergeser secara pelan. Di rekam dengan memakai kamera 6K RED Epic Dragon, dan Neumann Films mengatakan bahwa footage tersebut kemudian di scale up ke kualitas 8K.

Jika Anda mempunyai komputer dengan sumber daya yang cukup untuk menonton video dengan resolusi tertinggi, ketahuilah bahwa Anda dapat memainkannya dengan Chrome atau Safari tanpa masalah. Untuk sebagian dari kita, terpaksa harus cukup puas dengan resolusi 5K atau lebih rendah.

Sulit ditebak kapan format 8K akan menjadi lebih umum. Saat ini ada sedikit perangkat keras yang dapat  memainkannya, jadi pembuat filmnya kurang cenderung mamu membuatnya. Tetapi jika ada sedikit konten tersedia, konsumen kurang tertarik untuk mengupgrade ke perangkat keras yang diperlukan. Karena itu hanya sedikit kamera yang ada yang dapat merekam format 8K dan kebanyakannya belum tersedia bagi konsumen.•••

back to top

More News