Menu

Kecepatan Penjualan iPhone Semakin Tak Terbendung

Kecepatan Penjualan iPhone Semakin Tak Terbendung

Tak perlu bertele-tele: Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge adalah ponsel-ponsel cerdas terbaik yang pernah diproduksi oleh Samsung. Toh, iPhone tampaknya tak menunjukkan tanda-tanda perlambatan pada kecepatan penjualannya sejauh ini, tidak juga dalam waktu dekat.

Apalagi sebentar lagi musim belanja liburan dimulai dan model-model iPhone baru tampaknya akan diluncurkan dalam waktu sekitar 4 bulan lagi.  

Menurut sebuah catatan riset terbaru dari UBS, permintaan akan iPhone pada kuartal yang sedang berjalan ini masih luarbiasa kuat, sampai-sampai UBS belum lama ini menaikkan perkiraan penjualan kuartalan iPhone mereka dari 43 juta ke 48 juta unit.

Riset UBS ini menunjukkan bahwa iPhone terus menguat di China. Mengacu pada hasil-hasil riset, data menunjukkan 23 persen pertumbuhan penjualan global handset Apple per tahun, sementara China menyumbang 100 persen kenaikan dari periode yang sama tahun lalu.  

Apa artinya angka-angka itu? Jika perkiraan UBS yang 48 juta itu tercapai, artinya pertumbuhan Apple mencapai 36% per tahun, dan Apple sudah menjual 35,2 juta iPhone selama kuartal Juni 2014-nya, setelah mencapai angka penjualan 31,2 juta iPhone pada kuartal Juni 2013. Artinya, hanya dalam dua tahun Apple berhasil mendongkrak penjualan iPhone sebanyak 50%. Sebegitu pun, banyak pakar menyatakan bahwa puncak kejayaan iPhone belum tercapai.  

Di sisi lain, divisi mobile Samsung terus mengalami penurunan, dengan pukulan terberatnya tahun lalu di mana keuntungan divisi ini anjlok lebih dari 50%. Meski permintaan akan Galaxy S6 dan S6 Edge masih kuat dan akan membantu mengangkat marjin keuntungan, tetapi permintaan konsumen akan iPhone 6 mungkin akan jadi masalah yang harus dihadapi Samsung ke depan.••• 

back to top

More News