Menu

ReCode: Bakal Ada Lagu-lagu Gratis dari Streaming Music Milik Apple

ReCode: Bakal Ada Lagu-lagu Gratis dari Streaming Music Milik Apple

Bukan rahasia bahwa Apple berencana mengumumkan sebuah layanan streaming music baru—setelah raksasa itu mengakuisisi Beats Music—tahun ini, mungkin di konferensi pengembang tahunannya bulan Juni besok.

Yang sejauh ini masih menjadi tanda tanya adalah apakah layanan itu akan gratis atau berbayar. Meski sudah ada laporan bahwa Apple berencana membanderolnya seharga USD 8 per bulan langganan, tampaknya orang-orang di Cupertino sedang menjajagi kemungkinan untuk mengintegrasikan satu atau dua pilihan gratis juga. Menurut sumber-sumber ReCode, pilihan-pilihan itu mencakup satu periode percobaan gratis sepanjang satu hingga tiga bulan, sebuah layanan setipe SoundClouddi mana artis-artis dapat mengunggah lagu-lagu gratis untuk non-pelanggan, dan sebuah versi iTunes Radio yang akan menampilkan daftar-daftar musik pilihan pengguna yang mirip dengan Beats Music.  

Tetapi, ReCode juga melaporkan bahwa Apple tidak berencana untuk melawan layanan-layanan streaming gratis tanpa batas seperti Spotify dan Pandora. Tampaknya perusahaan itu berpikir bahwa layanan streaming gratis yang didukung oleh iklan tidak akan menghasilkan banyak uang. Lagipula, Apple sedang diperiksa oleh FTC atas kecurigaan bahwa perusahaan itu sudah membuat kesepakatan-kesepakatan streaming eksklusif dengan artis-artis dan label-label—sesuatu yang menurut FTC dapat dipandang sebagai pengambilan keuntungan secara tak adil mengingat betapa dominannya Apple dalam pengunduhan musik berkat iTunes. Tetapi, Tidal bisa melenggang bebas dengan perjanjian-perjanjian eksklusif semacam itu karena ukurannya relatif kecil.

Jadi, kita masih harus menunggu apa yang sesungguhnya Apple ingin tawarkan dengan layanan streamingnya, entah itu gratisan atau berbayar. Dan untungnya kita hanya harus menunggu sebulanan lagi saja.•••  

back to top

More News