Menu

Ponsel OnePlus One Siap Diburu Tanpa Undangan

Ponsel OnePlus One Siap Diburu Tanpa Undangan

Setelah lebih dari setahun, akhirnya OnePlus siap menjual ponsel cerdas One-nya kepada siapapun yang berminat..sekalipun tanpa undangan.

Pekan lalu pabrikan ponsel cerdas yang berbasis di China ini menyebarkan sejumlah undangan untuk sebuah event yang digelar pada 20 April ini, dan menyusullah spekulasi bahwa event itu tak lain adalah ajang pengumuman besar-besaran untuk ponsel berikutnya—OnePlus 2. Tetapi belakangan justru berkembang kabar bahwa One, satu-satunya piranti yang sejauh ini sudah diproduksi perusahaan itu, kini dijual bebas.

Sepanjang tahun lalu OnePlus sudah menggembar-gemborkan tentang One, sebuah piranti Android murah dengan spek premium. Dibanderol seharga USD299/USD349 (16GB/64GB), One menjanjikan hal-hal bagus yang, sayangnya, tak mudah didapat, karena OnePlus mengadopsi sistem khusus-undangan. Caranya, perusahaan itu membagi-bagikan undangan melalui promosi-promosi khusus, dn orang-orang yang membeli handset itu kemudian bisa membagi-bagikan undngan serupa kepada teman-temannya, dan begitu seterusnya.

Pada bulan Februari lalu, OnePlus mengumumkan bahwa pihaknya akan membuka penjualan selama 24 jam setiap minggunya, yaitu setiap hari Selasa, tetapi tetap menggunakan sistem khusus-undangan pada hari-hari lainnya. Dan pada bulan-bulan setelah itu, perusahaan itu sudah meluncurkan ROM Android berbasis-Lollipop berjuluk OxygenOS, yang mewakili bagian dari rencana jangka panjangnya untuk meninggalkan CyanogenMod.

Garis kebijakan resmi dari OnePlus sebelumnya adalah bahwa platform khusus-undangan ini membantu mereka mengendalikan pasokan dan mengelola resiko-resiko yang berkaitan dengan marjin keuntungan yang sangat tipis, tetapi sebagian kalangan mengatakan bahwa ini dilakukan untuk menciptakan citra tersendiri yang akan mendongkrak penjualan dalam jangka panjang.•••

back to top

More News