Menu

Satu Lagi Fakta Mengagumkan Tentang MacBook Retina Baru dari Apple

Satu Lagi Fakta Mengagumkan Tentang MacBook Retina Baru dari Apple

MacBook Retina baru dari Apple menarik begitu banyak perhatian pekan lalu dengan kemampuannya untuk mengepak begitu banyak baterei ke dalam rangka bodi setipis dan seringan itu.

Alasan di balik kemampuan itu adalah bahwa Apple membuat papan logika laptop baru ini begitu kecil. Bahkan, Digital Trends menemukan bahwa papan logika pada MacBook baru ini benar-benar lebih kecil dari Raspberry Pi, komputer mungil seharga USD 35 yang diluncurkan pada 2012.

“Ukuran Raspberry Pi sekitar 3,4 x 2,2 inchi,” tulis Digital Trends. “Total ukurannya mencapai 7,48 inchi persegi, seperempat dari satu inchi persegi lebih besar dari papan logika MacBook. Pi juga lebih tebal delapan per sepuluh dari satu inchi, atau sekitar 20 milimeter, lebih tebal sekitar tujuh millimeter dibandingkan MacBook yang hanya 13,1 millimeter.”

Tentu saja, papan logika Raspberry Pi dan MacBook Retina masing-masing diciptakan untuk melakukan dua hal yang sangat berbeda—Raspberry Pi adalah sebuah produk mandiri yang sangat murah yang kebetulan juga menampilkan 4 buah USB port, antara lain. Sementara itu, papan logika MacBook adalah bagian dari sebuah komputer menyeluruh yang akan membuat Anda merogoh kocek sedikitnya USD 1.300 dan menampilkan satu saja USB port Type-C.

Toh, Digital Trends menambahkan, “sungguh mengesankan bahwa Apple berhasil memanfaatkan sedemikian kecil ruang”, yang menunjukkan seberapa tipis perusahaan itu mampu membuat produk-produk iPhone dan iPad barunya kelak.•••

back to top

More News