Menu

RIP IE: Microsoft Akhirnya Bunuh Internet Explorer

RIP IE: Microsoft Akhirnya Bunuh Internet Explorer

Di puncak kejayaannya, Internet Explorer adalah portal ujung tombak yang membentuk cara dunia mengakses internet. Tetapi masa kejayaan itu sudah lama hilang. Banyak orang mulai membenci Internet Explorer setelah bertahun-tahun tidak melakukan pengembangan yang memadai dan bahkan cenderung diabaikan.

Sementara itu, browser-browser pesaingnya seperti Firefox dan Chrome mulai melayani kebutuhan para penggunanya dengan lebih baik, dan hasilnya kini keduanya sangat populer.  

Tentu saja, Internet Explorer hadir sudah terinstal pada Windows, dan itu artinya ia masih menjadi browser paling populer di dunia, tetapi tak lama lagi itu akan berubah. Dipastikan Microsoft akan membunuh Internet Explorer untuk selamanya, dan raksasa software itu sama sekali tidak mengalami kerugian karena kehilangan potongan kuenya di pasar browser dunia.  

Minat orang langsung tergugah ketika mendengar kabar bahwa Microsoft sedang mengerjakan sebuah browser baru yang diberi kode nama “Project Spartan” untuk disertakan ke dalam Windows 10. Meski tak banyak detil informasi yang bisa didapat, ide bahwa orang akan mendapat pengganti yang lebih baik dari Internet Explorer sudah cukup bagi publik.

Tampaknya Microsoft makin yakin dengan langkahnya itu. “Kami sedang meneliti apa nama yang cocok untuk browser yang akan kami sertakan di Windows 10 ini,” kata bos marketing Microsoft  Chris Capossel dalam pidatonya di Microsoft Convergence Senin lalu, seperti dikutip The Verge. “Kami akan terus menghidupkan Internet Explorer, tetapi kami juga akan memiliki browser baru yang disebut Project Spartan, yang berkode-nama Project Spartan”.  

Jadi, Internet Explorer seperti yang kita kenal akan terus hidup di Windows 10 sehingga lembaga-lembaga usaha yang menjadi penggunanya tidak akan tersingkir oleh perubahan, tetapi secara bertahap akan beralih ke fase-fase perubahan berikutnya hingga sepenuhnya bisa digantikan dengan apapun yang kemudian menjadi nama Project Spartan saat diluncurkan nanti.•••

back to top

More News