Menu

Sejuta Angpao Dibagikan Wechat Pada Tahun Baru Cina

Sejuta Angpao Dibagikan Wechat Pada Tahun Baru Cina

Belum lama ini kita menyambut tahun baru Cina. Di antara kemeriahan perayaan itu, para pengguna WeChat di Cina mengirim satu sama lain 1,01 juta amplop merah, ungkap perusahaan sosial media tersebut.

Amplop merah virtual itu berisikan uang sesungguhnya yang mencerminkan tradisi klasik saling memberikan hadiah pada tahun baru Cina. Ini merupakan tren baru sejak banyak orang di Cina mengadopsi penggunaan metode-metode pembayaran online.

Jumlah 1,01 juta angpao WeChat ini merepresentasikan pertumbuhan amat pesat dari jumlah tahun sebelumnya, dimana hanya ada 20 juta pengguna WeChat yang saling mengirim amplop ke satu sama lain. Jumlah 1,01 juta ini pun hanya penghitungan sementara dari malam tahun baru hingga keesokan harinya saja, sedangkan tahun lalu dihitung selama dua hari.

Namun Tencent, pembuat WeChat, tidak mengungkap seberapa banyak uang sesungguhnya yang ditransfer lewat amplop lebih dari sejuta itu.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa perkembangan ini begitu besar, selain memang adanya strategi pemasaran besar-besaran terkait pemberian hadiah online tahun ini, ada juga acara lain. Setiap tahun, ada acara yang wajib ditonton berjudul Spring Festival Gala di televisi pemerintah Cina. Tahun ini,para sponsor acara itu menggunakan WeChat untuk membagi-bagikan uang sebanyak 80 juta dolar terbungkus dalam amplop virtual.

Promosi itu meminta para pemirsa untuk mengocok aplikasi WeChat pada ponsel mereka pada waktu yang dialokasikan untuk berkesempatan memenangkan sebagian hadiah itu. Menurut Tencent, acara televisi itu memicu total 11 kocokan, mencapai puncak pada jam10:34 malam yang mencapai 810 juta kocokan tiap menit.•••

back to top

More News