Menu

Amazon Web Services Luncurkan Service Catalog

Amazon Web Services Luncurkan Service Catalog

Amazon Web Services, baru saja mengintrodusir sebuah layanan cloud yang disebut Service Catalog, yang dapat menyimpan balok-balok bangunan kunci bagi para pengembang dari dari berbagai perusahaan untuk digunakan dalam pengembangan aplikasi-aplikasi mereka.  

Service Catalog, yang diumumkan pada konferensi pengguna re:Invent yang digelar Amazon di Las Vegas, juga memberikan kontrol lebih kepada kalangan pengatur informasi dalam kaitannya bagaimana mereka menggunakan layanan cloud Amazon.

Fitur baru ini juga dapat membedakan Amazon dari para kompetitornya, termasuk layanan-layanan cloud publik dari Google dan Microsoft yang berkembang pesat. Fitur baru ini juga memperlihatkan seberapa besar kepedulian Amazon dalam hal pengelolaan beragam beban kerja perusahaan-perusahaan dari begitu banyak pengembang, bukan hanya satu dua di sana-sini. Ini artinya kepatuhan dan keteraturan juga menjadi lebih penting.  

“Fitur baru ini akan memungkinkan admin-admin perusahaan menciptakan portofolio-portofolio yang berisi produk-produk yang diatur dalam Config [sebuah layanan baru tersendiri] dan dengan cara penggunaan seperti yang mereka inginkan, dan selanjutnya mereka bisa membuat portofolio-portofolio itu mudah ditemukan oleh karyawan…di portal yang mereka kelola sendiri,” kata wakil presiden senior Web Services Amazon Andy Jassy.

Berikut pernyataan singkat Amazon tentang layanan baru tersebut:  

AWS Service Catalog akan memungkinkan admin-admin untuk membuat dan membagi katalog-katalog yang berisi “produk-produk” yang sudah diatur sedmikian rupa sehingga memadukan arsitektur-arsitektur dan konfigurasi-konfigurasi standar yang sudah disepakati oleh perusahaan. Admin-admin bisa menggunakan kontrol-kontrol akses yang dipegang oleh individu, kelompok,  departemen, atau pusat pengaturan biaya, sehingga memberi mereka kendali yang halus dan menyeluruh dalam hal siapa yang boleh menggunakan aplikasi tertentu. Dengan AWS Service Catalog, para admin bisa menentukan kebijakan-kebijakan yang tepat untuk membantu mereka memenuhi syarat-syarat dan tuntutan-tuntutan mereka, seperti membatasi berapa kali sebuah aplikasi dapat digunakan agar bisa tetap mematuhi kepatuhan lisensi.  Layanan ini akan terintegrasi dengan layanan CloudTrail Amazon, yang melacak semua panggilan API (application programming interface) cloud Amazon. Layanan ini akan tersedia di pasaran awal tahun depan.•••

back to top