Menu

Inilah Langkah Facebook Menguasai Sistem Pembayaran Online Realtime

Inilah Langkah Facebook Menguasai Sistem Pembayaran Online Realtime

Gagasan Facebook akan menggabung fungsi pembayaran ke dalam platform-platform pengiriman pesan sudah banyak dilaporkan. Zuckerberg sudah bicara banyak perihal ini.

Facebook juga mempekerjakan presiden PayPal, David Marcus untuk mengetuai team produk pengiriman pesan. Jadi, rencana Facebook sudah jelas.

Tetapi yang belum dibicarakan dengan baik adalah fakta bahwa Facebook bisa saja membunuh rencana itu dalam pembayaran berbasis-pengiriman-pesan.

Inilah alasannya:

  • Banyak orang terkejut ketika Facebook mengumumkan pihaknya sudah membeli WhatsApp seharga 19 Milyar dolar AS. Tetapi WhatsApp digunakan secara luas di negara-negara berkembang, dan itu memungkinkan Facebook menjangkau pasar-pasar yang belum terjamah aplikasi-aplikasi media sosial.  
  • Tentu saja Facebook memiliki aplikasi pengiriman-pesannya sendiri, yang belakangan ini dipaksakan kepada pengguna yang ingin menggunakan pengirim-pesan Facebook pada piranti mobile. Mesin pembayaran itu sangat mungkin juga akan ada di sana.  
  • Awal tahun ini Facebook mengajukan permohonan kepada Uni Eropa untuk mendapatkan lisensi untuk mentransfer uang.  Ini akan memungkinkannya memproses pembayaran-pembayaran online dan mobile di seluruh Eropa. Facebook juga akan mengajukan permohonan lisensi yang sama di AS. Atau, seperti setengah-kelakar salah satu industri aplikasi, beli saja bank yang bankrupt, itu cara yang lebih cepat untuk mendapat lisensi.  

Begitulah, kini Facebook-lah yang memimpin, platform pengiriman-pesan, satu lisensi pembayaran, dan banyak uang untuk membuat pembayaran berbasis pengiriman-pesan itu terwujud.  

Itu tadi pelurunya. Yang berikut ini senapannya.
Tambahkan itu ke Facebook Connect, yang dapat dengan sangat cepat membawa pembayaran-pembayaran Facebook ke ribuan aplikasi dan berbagai layanan pengiriman-pesan yang ada, dan lain sebagainya. Jadi, pengguna dapat dengan mudah masuk ke aplikasi-aplikasi tersebut dengan menggunakan data-data pribadi Facebook mereka, dan mereka pun siap melakukan pembayaran.  

Dari perspektif seorang pengembang aplikasi, mereka akan dapat mengembangkan sebuah aplikasi di mana para pengguna dapat menggunakan data-data pribadi yang ada untuk masuk, lalu mengintegrasikan sebuah mesin pembayaran dari mitra yang sama (Facebook) yang dengan rapi akan memungkinkan berbagai pembelian dan pembayaran dilakukan melalui aplikasi itu.

Dengan menggunakan WhatsApp dengan berbagai pembayaran, seorang konsumen dapat dengan mudah mendiskusikan atau menegosiasikan sebuah penjualan via chat atau voice call, lalu tekan tombol 'beli' untuk menutup kesepakatan.

Sudah barang tentu Facebook Connect juga akan meletakkan mesin pembayaran itu di situs-situs desktop ribuan mitra Facebook.

Sangat mungkin bahwa saat ini Marcus dan Facebook sedang mengembangkan sistem-sistem pendukung yang akan menyimpan alamat pembeli maupun penjual serta informasi finansial. Mereka juga sangat mungkin sedang mengembangkan teknologi anti-penipuan yang sudah terbukti berhasil di PayPal.•••

back to top