Menu

PlayStation 4 Tetap Bercokol di Nomor Satu

PlayStation 4 Tetap Bercokol di Nomor Satu

Para penggila game masih membelanjakan sebagian besar uang mereka untuk membeli perangkat-keras baru.

Pada bulan Juli 2014 saja, menurut perusahaan pencacat data-industri The NPD Group, konsumen menghabiskan 514,3 juta dolar AS untuk membeli alat-alat gaming baru, perangkat-lunak, serta asesorisnya. Angka itu setara dengan peningkatan sebesar 16 juta dolar AS dari rekor tahun lalu sebesar 443,1 juta dolar AS. PlayStation 4 dan Xbox One sekali lagi bertanggungjawab atas sebagian besar pengeluaran itu. 

“Serupa dengan pola yang tampak pada tujuh dari sembilan bulan terakhir, pertumbuhan kuat pada penjualan perangkat-keras mengalahkan penurunan pada penjualan perangkat-lunak pada Juli 2014 sedangkan penjualan asesoris mengalami pertumbuhan yang tidak terlalu signifikan,” kata analis NPD Liam Callahan.

Para penggila game menghabis 198,8 juta dolar AS, untuk membeli konsol saja. Itu merupakan sebuah lonjatan lebih dari 100 persen dari penjualan tahun ke tahun. Tetapi, jika nilai uang tunai itu dimasukkan ke dalam sistem-sistem yang baru, itu artinya bahwa para penggila game menghabiskan 15 lebih rendah, atau hanya 178,2 juta dolar AS saja, untuk membeli perangkat-lunak baru bila dibandingkan pada bulan Juli tahun 2013.

“Dua faktor lainnya menyebabkan penurunan-penurunan yang terjadi pada penjualan perangkat-lunak pada Juli tahun ini,”  kata Callahan. “Turunnya penjualan untuk peluncuran-peluncuran baru dan turunnya penjualan perangkat-lunak generasi-lama tidak sepenuhnya dikalahkan oleh penjualan perangkat-lunak generasi-terbaru.”

Angka-angka yang disodorkan NPD tidak mewakili industri itu secara keseluruhan. Perusahaan itu hanya melacak angka-angka yang berkaitan dengan penjualan game-game baru di riteler-riteler fisik di AS.  Artinya, Anda tidak akan melihat jejak game-game yang sudah lama beredar, juga perangkat digital maupun mobile dalam angka-angka itu. Dengan demikian, NPD menjadi satu metode yang cukup baik untuk digunakan guna mendapat sekilas gambaran tentang pasar yang jauh lebih besar.

Perangkat-lunak

1. The Last of Us (PS4, PS3)
2. Minecraft (360, PS3)
3. FIFA 14 (360, PS4, Xbox One, PS3, Vita)
4. Watch Dogs (PS4, 360, PS3, Xbox One, PC)
5. Mario Kart 8 (Wii U)
6. Call of Duty: Ghosts (Xbox One, 360, PS4, PS3, Wii U, PC)
7. Grand Theft Auto V (360, PS3)
8. Sniper Elite III (PS4, Xbox One, 360, PS3)
9. NBA 2K14 (360, PS3, PS4, Xbox One, PC)
10. Lego Marvel Super Heroes (360, PS3, 3DS, DS, PS4, Wii U, Xbox One, Vita, PC)

Bulan Juli kaya akan game-game lama yang masih saja laku dan game-game usang yang dirilis ulang karena masih terus digemari. Yang paling menonjol adalah The Last of Us di PS4, game lama yang masih saja memikat penggila game. Uniknya, game yang satu ini juga berada di puncak ketenarannya pada Juli tahun lalu. Minecraft terus mendominasi meski sudah bisa dibilang tua, dan FIFA 14 seperti masih akan berjaya di deretan World Cup.

Game-game rilisan baru bulan Juli tahun ini sangat buruk kinerjanya bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Juli tampaknya jadi bulan yang sepi untuk penjualan perangkat-lunak, dengan hanya menyumbang 5 persen dari seluruh penjualan tahunan,” kata Callahan. “Sebagai contoh, NCAA Football dari EA diluncurkan pada bulan Juli, dan seringkali muncul di jajaran game-game papan atas. Karena judul itu sudah tidak lagi diproduksi, penjualan rilisan baru turun drastic hingga hampir 70 persen pada bulan Juli 2014.”

Meskipun tidak ada game dalam 10 besar daftar 3DS, tetapi bila dijajarkan berdasarkan penjualan per-platform, portabel Nintendo pasti akan memasang Tomodachi Life di urutan ke-5.

Perangkat-keras

Sony membenarkan bahwa PlayStation 4 sekali lagi menjadi konsol dengan penjualan terbanyak selama tujuh bulan berturut-turut.  Perusahaan itu memaparkan awal minggu lalu bahwa pihaknya sudah menjual lebih dari 10 juta PS4 di seluruh dunia, tetapi baik Sony, Nintendo, maupun Microsoft menolak untuk mengungkapkan angka penjualan mereka untuk bulan Juli  yang baru lalu.

“Bila seluruh penjualan Xbox One dan PS4 setelah sembilan bulan digabungkan, dan hasilnya dibandingkan dengan total gabungan penjualan Xbox 360 dan PS3 selama sembilan bulan, penjualan konsol-konsol terbaru lebih besar dari generasi sebelumnya hingga hampir 80 persen,” kata Callahan.

Nintendo membenarkan bahwa penjualan Wii U naik sebesar 60 persen sepanjang tujuh bulan pertama tahun 2014, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Hal itu sebagian besar disebabkan oleh popularitas Mario Kart 8.

Microsoft juga mengeluarkan pernyataan, tetapi tidak se-spesifik Nintendo.

“Penjualan Xbox One tetap kuat dan stabil setelah konsol seharga 399 dolar AS itu dirilis pada bulan Juni, ketika penjualan dari per bulan meningkat lebih dari dua kali lipat,” kata seorang jurubicara Microsoft kepada GamesBeat. “Kami terus melihat momentum ini pada bulan Juli”.•••

back to top