Menu

Melbourne IT Tinggalkan SMB Cloud

Melbourne IT Tinggalkan SMB Cloud

SMB Cloud tak Layak untuk investasi, setidaknya itu yang disimpulkan Melbourne IT saat ini.

Seperti yang diumumkan kepada para pelanggannya dari kalangan usaha kecil bahwa pihaknya tidak lagi tertarik untuk menyediakan jasa infrastruktur untuk mereka. Perusahaan itu akan mendekomisi layanan vCloud Express beta service mulai 1 Juli mendatang. Melbourne IT hanya akan menawarkan sebuah layanan vCloud komersial untuk perusahaan-perusahaan besar dan klien-klien pemerintah saja.

Perusahaan itu mengirimkan sebuah pemberitahuan penutupan kepada para pelanggan vCloud Express yang lebih kecil beberapa hari yang lalu, sebuah pemberitahuan yang ditandai dengan penanda 'IMPORTANT', yang berisi sebuah peringatan bahwa setelah 1 Juli bahwa semua akun akan ditutup dan semua data akan dihapus secara permanen. Semua data terkait akan dihapus dan tidak akan bisa dipulihkan, demikian bunyi pemberitahuan itu. Melbourne IT kemudian meminta pelanggan dari kalangan usaha kecil untuk memastikan bahwa mereka secepatnya harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan segera, untuk memindahkan semua data yang ada.

"Kami tidak akan mengembalikan atau memulihkan data Anda setelah tanggal tersebut”. Pejabat kepala bagian teknologi Melbourne IT, Glenn Gore mengatakan bahwa perusahaan telah belajar banyak hal selama menjalankan program beta, tetapi hanya ingin menawarkan sebuah produk IaaS komersial berbasis program vCloud VMware, yang berkode-sandi “Redwood”, kepada pelanggan-pelanggan besar saja. Sebagian besar pelanggan-pelanggan besar itu sudah beralih ke layanan-layanan berbayar. Sebaliknya, usaha-usaha kecil sama sekali tidak tertarik untuk menyediakan server-server virtualnya sendiri—dan selain itu pasar untuk pelanggan-pelanggan semacam itu sudah didominasi oleh penawan-penawaran berskala besar dari Amerika seperti Amazon Web Services dan Rackspace.

"Kami tidak akan segera menawarkan layanan setara yang berbasis Cloud,” demikian disampaikan Melbourne IT kepada pelanggan-pelanggan usaha kecilnya. "Pilihan-pilihan standar seperti server bersama dan server terpusat disediakan melalui WebCentral," demikian antara lain bunyi surat pemberitahuan itu.•••

back to top