Menu

LinkedIn Bantu Cari Pekerjaan Baru 'Di Belakang' Boss Anda Sekarang

LinkedIn Bantu Cari Pekerjaan Baru 'Di Belakang' Boss Anda Sekarang

LinkedIn biasanya berisi 95% email spam, 2% saran melakukan colekan-colekan cerdas, dan 3% networking yang bermanfaat. Tetapi perbandingannya mungkin akan menjadi 90/2/8 dengan ditambahkannya satu fitur baru Open Candidates, yang membantu penggunanya mencari pekerjaan baru tanpa ketahuan bos yang sekarang.

Fitur ini memungkinkan Anda diam-diam menandai pihak-pihak perekrut yang menyediakan pekerjaan yang Anda cari. Idenya adalah Anda bisa mencari-cari di bursa lowongan kerja dan melihat lowongan-lowongan pekerjaan apa saja yang ada, tanpa membuat kesal pihak yang saat ini mempekerjakan Anda. 

Dalam sebuah post blog, LinkedIn menggambarkan Open Candidates sebagai “sebuah fitur baru yang semakin memudahkan Anda untuk mencari pekerjaan yang Anda impikan dengan secara diam-diam memberikan sinyal kepada pihak perekrut bahwa Anda terbuka bagi peluang-peluang pekerjaan baru. Anda dapat menentukan tipe-tipe perusahaan dan peran-peran apa saja yang paling Anda minati dan dengan mudah menemukan ratusan ribu perekrut yang menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan talenta professional yang bagus”.  

Ada motif tersembunyi untuk LinkedIn di sini: hanya para perekrut yang sudah membayar LinkedIn Premium sajalah yang bisa melihat Open Candidates. Ini mencegah sembarang orang melihat ‘pencalonan’ Anda, tetapi juga berarti bahwa membayar langganan Premium adalah harga yang harus dibayar untuk masuk ke peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.  

LinkedIn juga mengatakan bahwa fitur berbayar itu akan memblokir kolega-kolega atau perekrut-perekrut dari perusahaan Anda agar tak melihat bahwa Anda adalah kandidat yang terbuka.•••

back to top